coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Kurangi Plastik Bikin Jiwa Sehat, Kok Bisa?

Posted October 26, 2023, 02:08 by Sri Junantari

Hai, Timpal PlastikDetox

Semoga teman-teman tetap terhidrasi di tengah-tengah Oktober yang makin membara. Nah, menuju akhir tahun ini kami bagikan beberapa artikel yang dapat menjadi inspirasi menuju akhir tahun. Kami menyajikan korelasi pengurangan plastik dengan kesehatan mental, korelasi plastik dengan perubahan iklim, hingga kabar terbaru lainnya dari website PlastikDetox.

Ternyata Bawa Tumblr, Baik untuk Kesehatan Jiwa dan Bumi loh!


 

Kini I Wayan Eka Sunya Antara tengah berjuang untuk pulih dari ketergantungan penggunaan narkoba. Program pemulihan yang diikutinya melibatkan banyak kegiatan luar ruangan. Hal inilah yang membangun koneksinya dengan hal-hal lain di luar dirinya, termasuk dengan alam lingkungan. Bimbim sapaan akrabnya mengutarakan bahwa merawat alam lingkungan adalah bagian dari memelihara dirinya sendiri, bagian dari terapi, dan pemulihan yang terus berjalan. Ia rutin membawa tumbler setiap bepergian dan menolak penggunaan kantong plastik. Bagaimana hal tersebut berkorelasi terhadap kesehatan jiwa?

Temukan korelasinya di halaman 26-27 >>>

 

Oktober Kian Membara, Pakai Plastik Memperparahnya


 

Pekan lalu seorang teman yang mempunyai kedai kopi bercerita, harga kopi makin merangkak naik. Teman lainnya, seorang petani kopi mengeluhkan tahun lalu ketika tanaman kopi sedang berbunga, hujan turun terus-menerus, menggugurkan bunga tanpa sempat menjadi buah. Katanya itu salah satu akibat perubahan iklim. Dua tahun ke belakang kita dilanda musim hujan berkepanjangan. Namun, tahun ini kekeringan yang berkepanjangan. Ternyata penggunaan plastik sekali pakai yang berlebihan ini berkontribusi atas perubahan iklim. Mau minum kopi lebih lama? Yuk, kurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Selami lebih dalam di halaman 32 >>>

 

Foto Pilihan Editor
 


Seorang pengunjung festival sedang mengisi ulang botol minum di stasiun isi ulang yang disediakan penyelenggara. Kini menyediakan stasiun isi ulang air minum dapat dikatakan sebagai bare minimum penyelenggaraan festival. Hal ini selaras dengan tuntutan untuk menciptakan festival yang minim sampah. Sumber: © Sri Junantari

 

Terbaru dari Website PlastikDetox

Jangan Percaya Asumsi Sebelum Mengecek Kebenarannya

Penulis: Dominggos N. L. Tobing

Belum tentu semua pelanggan mengharapkan hal tersebut. Maka dari itu, semua harus berdasarkan data, survei, bukan sekadar asumsi yang hadir karena pendapat 1 atau 2 orang. Dengan mengecek kebenaran asumsi, kita bisa menentukan langkah apa yang tepat bagi bisnis sambil tetap berpihak pada lingkungan.

 

Usaha Minim Plastik, Hemat Hingga 81 Juta

Penulis: Ni Luh Sri Junantari

Pendampingan PlastikDetox yang menganjurkan pengurangan bertahap, pikir ulang, dan pakai ulang membantu anggota PlastikDetox mencegah 92.916 plastik sekali pakai berakhir menjadi sampah per tahun.  Para anggota dapat menghemat uang modal sebesar Rp81.315.022 karena tidak menggunakan plastik sekali pakai. 

Sekian newsletter edisi Oktober 2023. Sampai jumpa di edisi selanjutnya, ya. 

 

Salam hangat,

Dwi Jayanthi

Manajer PlastikDetox


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News