coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Pilah Lalu Jual Sampahmu ke Simalu

Posted February 22, 2018, 06:47 by Okky Sari

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan saat ini. Di Indonesia, kebiasaan membuang sampah sembarangan dan ketidakpedulian mengolah sampah menjadi hal yang harus dicari penyelesaiannya. Namun tak sedikit orang yang mulai peduli dan melaksanakan apa yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya. Apakah kamu salah satunya?

Ada cerita menarik, seorang dosen di Fakultas Teknologi Informasi Unud rela mengumpulkan sampah kertas di kampusnya. Ia bertanya kepada seluruh dosen, 'Apakah kertas di atas mereka masih diperlukan?' Kegigihannya pun menghasilkan, kertas yang dia kumpulkan lalu dijual ke bank sampah. Tak disangka, kini ia memiliki tabungan Rp 200.000 karena menjual sampah di Simalu.
 

Desember 2017 lalu, ada sebuah aplikasi yang diluncurkan di Bali namanya Simalu. Simalu adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang membantu masyarakat untuk memilah dan menabung sampah di bank sampah. Ide ini diawali dengan kabar sampah di TPA Suwung yang melebihi kapasitas sekitar 1000 ton per hari. Sampah di sana pun tidak terpilah dengan baik.

Ini yang melatarbelakangi mahasiswa Teknik Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana  menciptakan Simalu. Simalu dirancang oleh I Putu Aga Darma Winanda, Dewa Gede Adnyana Sutha Widja, Ni Luh Adriani, Ida Bagus Dananjaya, Ida Bagus Ratu Surya Wibawa, Ketut Adi Purnawan, dan Wayan Puguh Sudarma.

Aplikasi Simalu dapat diunduh secara gratis di Play Store. Setelah mengunduh, aplikasi akan meminta anda untuk melakukan pendaftaran dan mengisi profil nasabah. Saat ini, Simalu bekerjasama dengan beberapa bank sampah di Bali yang tersebar di Denpasar, Badung dan Singaraja.

Melalui aplikasi Simalu, masyarakat mendapatkan layanan penjemputan sampah yang dikirim ke bank sampah terdekat. Orang yang menjual sampah akan mendapatkan saldo sesuai dengan jenis dan berat sampah yang ditabungnya. Saat ini sudah ada 340 pengunduh dan 20 nasabah aktif di Simalu. Simalu akan terus mengembangkan layanannya untuk membantu masyarakat agar lebih peduli dengan sampah.

Aplikasi Simalu tentu menjadi terobosan baru bagi masyarakat Bali khususnya demi  pelestarian lingkungan. Maka dari itu, inilah saatnya melakukan perubahan bersama Simalu.

Penulis : Purwaningdyah Ayu Saraswati
Universitas Atma Jaya Yogyakarta

 

Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months