coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Archive July 2022

Posted July 7, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Pengalaman bergabung dengan PlastikDetox

Foto bareng relawan lain di acara Sunda Market. Sumber: © I Made Agus Budiyasa.

 

Hai, nama saya Budi, lengkapnya I Made Agus Budiyasa. Saya mau cerita sedikit nih tentang awal saya bisa sangat tenggelam dalam dunia kerelawanan. Semenjak semester pertama di bangku perkuliahan, saya terjun secara langsung ke dunia “Voluntarisme”. Awalnya bermula dari tugas Bahasa Inggris yang diminta untuk mengulas sebuah video berbahasa Inggris. Entah kenapa, saya mencari di youtube, dan ketemu nih satu video yang menurut saya bagus untuk dipresentasikan di depan kelas.

Read more

Posted July 7, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

10 Tahun Perjalanan Bersama PlastikDetox

Pada tahun 2012, gerakan bawa tas sendiri saat berbelanja masih jarang. Bahkan ketika kami mengajak orang-orang untuk membawa tas sendiri dan bisnis untuk menyediakan tas pakai ulang, mereka kaget dan berkomentar itu tidak mungkin dilakukan. Hingga akhirnya kami menemukan teman seperjalanan yang memiliki visi misi yang sejalan – anggota pertama kami yang memacu kami bahwa ini bukanlah gerakan sebatas angan. 

Read more

Posted July 7, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Developing PlastikDetox with the 3R

Volunteer of PlastikDetox. Source: © PlastikDetox

While the world now is mostly familiar with the 3R of Reduce-Reuse-Recycle, PlastikDetox has developed its own 3R (or 3P in Bahasa Indonesia) to educate small businesses in Indonesia on single-use plastic (SUP) waste prevention. When I am asked to share the story of PlastikDetox’s journey in the past ten years, I think that the best way is also by starting from the same principle.

Read more

Posted July 4, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

10 Pebisnis Kafe dan Restoran Bahas Minim Plastik


Foto bersama peserta dengan memamerkan minuman yang menemani sepanjang diskusi di forum silaturahmi anggota PlastikDetox. Sumber foto: ©PlastikDetox

Tiga puluh menit sebelum acara dimulai, tim PlastikDetox bersiap di depan layar untuk memastikan persiapan teknis dan non-teknis acara. Ada yang daring dari kantor dan ada juga dari rumah pada Selasa (28/6). Kini saat yang ditunggu telah tiba, akhirnya para anggota PlastikDetox berkumpul untuk saling bercerita tentang kenapa dan bagaimana menjalankan bisnis minim plastik sekali pakai yang kemudian akan disebut PSP dalam tulisan ini.

Read more

Posted July 1, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Penggunaan Tote Bag sebagai Pengganti Kantong Plastik Saat Berbelanja


Bawa tote bag dari rumah ketika berbelanja. Sumber foto: © Californiaglobe.com 

 

Penggunaan plastik dalam kehidupan modern ini terlihat sangat pesat. Ini menyebabkan tingkat ketergantungan manusia pada plastik semakin tinggi. Seperti halnya saat berbelanja, yang merupakan kegiatan yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. 

Read more

Posted July 1, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Pengurangan Sampah Plastik


Menggunakan tumbler air minum dan sedotan stainless untuk mengurangi sampah plastik. Sumber: © Blog Ainhy Edelweiss

 

Siapa yang tidak mengenal kata plastik? Kata ini sering sekali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari forestearct.com, plastik adalah jenis makromolekul yang dibentuk dengan proses polimerisasi. Polimerisasi sendiri adalah proses penggabungan beberapa molekul sederhana melalui proses kimia menjadi molekul besar. Apabila terpapar panas dan tekanan, bahan polimer ini mampu diubah menjadi berbagai bentuk, seperti batangan, balok atau silinder, yang kemudian dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan seperti botol, kresek dan lain-lain. 

Read more