coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Archive May 2023

Posted May 31, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

5 Alasan Ecly Pen adalah Solusi Terbaik untuk Mengurangi Limbah Plastik di Lingkungan Kampus



Ilustrasi menulis dengan menggunakan Ecly Pen. Sumber: © stevehullphotography

Menurut Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2021, volume sampah di Indonesia mencapai 18,2 juta ton/tahun. Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China. Situasi ini menuntut tindakan nyata untuk mengurangi limbah plastik, termasuk di lingkungan kampus.

Read more

Posted May 30, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

5 Langkah Menuju Minim Sampah

Ririn yang sedang berjalan-jalan ke pantai membawa botol minum dan tas tote-bag andalannya. Sumber: © I Gusti Ayu Ririn Pramesswari

Halo semua, kenalin nama aku Ririn. Aku lahir dan dibesarkan di sebuah pulau indah nan mempesona bernama Pulau Bali. Namun, sayangnya keindahan dan keelokan pulauku ini ternodai oleh permasalahan sampah yang susah diatasi. 

Read more

Posted May 30, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

Trik Jitu Individu Hingga Kolektif Kurangi Plastik


Pemandangan sampah yang menggunung di TPS Monang-Maning pada 5 Mei 2023. Diperlukan banyak tahapan untuk menangani penumpukan sampah sekali pakai ini. Sumber: © PlastikDetox

 

Plastik sekali pakai merupakan salah satu masalah lingkungan yang paling serius saat ini. Setiap tahunnya, jutaan ton plastik sekali pakai digunakan di seluruh dunia, dan sebagian besar akhirnya berakhir di lautan dan membahayakan ekosistem laut (Magdoff, 2018). Meskipun masalah ini telah menjadi perhatian global selama beberapa tahun terakhir, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan meningkatkan kesadaran tentang dampak negatifnya.

Read more

Posted May 29, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

Sesaji Sampah Plastik: Ketika Tradisi Mengancam Keseimbangan Lautan



Umat Hindu sedang melaksanakan melasti di pantai dengan menghaturkan berbagai sesajen. Sumber: © dokumen Pribadi Ni Nyoman Ayu Suciartini

 

Bali, sebuah surganya dunia yang dipenuhi keindahan yang luar biasa, dikenal juga sebagai hunian yang mampu menjaga tradisi dengan sangat baik. Namun, di tengah keindahannya, Bali juga dihadapkan pada tantangan yang serius terkait sampah plastik. Apakah Bali benar-benar memperlakukan sampah dengan bijak?

Read more

Posted May 24, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

3 Rekomendasi Pengganti Kantong Plastik



Seseorang sedang memangku buah dan sayur dalam tas kain. Buah dan sayur tersebut tidak dikemas dengan plastik sekali pakai. Sumber gambar: Foto bebas hak cipta dari Canva.

 

Berbelanja adalah salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, berbelanja juga menimbulkan masalah sampah terutama kantong plastik. Kini berbagai upaya tengah digalakkan untuk mengatasi masalah sampah kantong plastik.

Read more

Posted May 24, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

Kemasan Minim Sampah ala Teman Sayur: Praktis Berkesan Manis



Berbagai jajanan Teman Sayur yang ditata rapi dalam keben (wadah sesajen berbentuk persegi). Foto merupakan dokumentasi Instagram Teman Sayur yang diunduh dengan persetujuan Teman Sayur. Sumber: © Teman Sayur

 

Tahun 2020 saat pandemi begitu keras memberi kita pelajaran dan perubahan, saya menghabiskan banyak waktu di rumah. Memikirkan hal apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu di rumah. Saat itu, saya banyak membuat kue dan masak makanan sendiri yang akhirnya mempertemukan saya pada kesempatan untuk membeli sayur dan buah di Teman Sayur. 

Read more

Posted May 8, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

Saatnya Menikmati Diskon dari Partner PlastikDetox

Hi, Timpal PlastikDetox, kembali lagi bersama kami di newsletter Mei 2023 setelah libur lebaran. Sekali lagi, kami mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Bagi kalian yang toples Mo*de nya zonk berisi rengginang, kini kami ganti dengan promo menarik yang bikin tenang.

Read more

Posted May 8, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

Hadiah Minim Sampah Untuk Hari Raya yang Penuh Berkah



Hampers dikemas dengan minim plastik sekali pakai, dengan wadah berupa kotak kayu yang dapat dipakai ulang. Sumber: Sisternet.co.id

Hari raya tentu jadi momen berharga untuk bertukar kebaikan dan kebahagiaan. Bagi saya pribadi, momen-momen hari raya sangatlah istimewa. Kita bisa berkumpul dengan orang yang terkasih dan saling berbagi keceriaan bersama. Walaupun begitu, hari raya juga salah satu hari yang super sibuk dan hectic. Tentunya pikiran kita mulai dipenuhi dengan berbagai pertanyaan, salah satunya, “Mau ngasih hampers apa, ya?” Saking padatnya persiapan menjelang hari raya, kita bisa jadi kehabisan ide dan malah kebingungan mau memberikan apa.

Read more

Posted May 4, 2023 by Sri Junantari with 21 comments

Kisah Relawan Ngayah Edukasi Pemedek di Pura Agung Besakih

Pemedek yang sedang antre masuk ke dalam pura dengan membawa banten tanpa tas kresek di area Pura Agung Besakih, Sabtu (15/3). Sumber: ©Priyanka Atmadja

 

Setelah melewati perjalanan panjang dari Denpasar menuju Pura Agung Besakih dengan kemacetan di beberapa titik, tepat pada pukul 11.01 WITA kami sampai di area Besakih. Total tiga jam perjalanan kami tempuh dari Denpasar. Di hari ke-9 pelaksanaan Karya pada tanggal 15 April 2023, Pura Agung Besakih masih dipadati oleh pemedek dan pengunjung yang datang silih berganti.

Read more