coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Archive May 2022

Posted May 31, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

3 Tips Beradaptasi dengan Tampilan Feed Instagram Rasa Tiktok


Perbandingan tampilan feed Instagram dan Tiktok. Sumber foto: © Headlines24

 

Semua akan Tiktok pada waktunya. Mei 2022, Instagram meluncurkan pembaruan tampilan feed full-screen yang terasa sangat Tiktok sekali. Tak sampai di sana, tampilan baru ini juga datang bersamaan dengan algoritma baru yang merekomendasikan video kreator ke penonton baru. Artinya, pengguna akan melihat postingan video dari akun yang tidak ia ikuti sekalipun. 

Read more

Posted May 18, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

4 Tips Menjamu Tamu dengan Minim Plastik

Ting tong.. wah ada tamu nih.


Sumber: © gahsoon via unsplash.com
Kita semua pasti pernah kedatangan tamu, entah yang memang kita undang atau sekedar datang menengok kita. Ada banyak hal lho yang bisa dilakukan untuk meminimalisir sampah terutama sampah plastik dari jamuan kita. Yuk disimak, berikut 4 tips menjamu tamu minim plastik

Read more

Posted May 18, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

It’s ok to experiment on your relatives to sort their waste. Here’s how to do it.


Source: © Shutterstock (spwidoff)

 

You’re at home and one of your relatives is throwing different types of waste into a bin. Shock. Horror. Veggies mixed up with plastic, a styrofoam box, chicken bones, sachets etc. You restrain yourself from exploding and try to explain, ever so patiently, that it’s preferable to keep different waste types in separate bins because that makes it easier to sort and recycle, it’s less trouble for waste pickers etc. Before long, you’re delivering a fiery speech on waste separation that would have an auditorium of adoring university students at your feet.

Read more

Posted May 18, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Keseruan Training Relawan PlastikDetox

Foto bersama seusai mengikuti training relawan. Sumber foto: © PlastikDetox.

 

Pada Maret 2022, aku diterima menjadi salah satu relawan PlastikDetox. Senang sekali rasanya bisa mendapatkan kesempatan emas yang akan memberikan pengalaman berharga di hidupku. Sebelum melaksanakan tugas sebagai relawan, PlastikDetox mengadakan training untuk relawan baru. 

Read more

Posted May 10, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Newsletter PlastikDetox Edisi Mei 2022

Hai, Timpal PlastikDetox! Semoga semua dalam keadaan sehat.

Sebelumnya tim PlastikDetox mengucapkan, "Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin".

 

Di newsletter edisi Mei 2022 ini, tim PlastikDetox merangkum tips menerapkan green marketing dalam usahamu, bioplastik bukan solusi yang ramah lingkungan, kegiatan PlastikDetox pada April 2022, dan kabar terbaru di website PlastikDetox.

 

 

Read more

Posted May 10, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Ancaman Kontaminasi Mikroplastik pada Kemasan Sekali Pakai


Plastik saat ini menjadi kebutuhan untuk membuat sesuatu lebih praktis dengan harga yang cukup terjangkau. Ada kecenderungan mempergunakan plastik ini di berbagai hal, dengan alasan hanya untuk mengurangi penebangan pohon yang akan membuat hutan menjadi gundul. Sumber foto: © Akiyoko

Read more

Posted May 10, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Pemberdayaan Wanita dan Misi Penyelamatan Ibu Pertiwi


Sumber: © shutterstock

 

Berdasarkan sumber dari Getsmarter.com di tahun 2021, wanita membuat lebih banyak keputusan untuk menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan, dan 10% lebih tertarik untuk belajar mengenai kehidupan yang berkelanjutan dibandingkan laki-laki. Selain itu, Jesse Klein dalam penelitiannya menemukan bahwa 58% dari Eksekutif Berkelanjutan di perusahaan-perusahaan besar adalah wanita. Pembawaan alami wanita yang lebih sensitif, berhati lembut, dan mengayomi menciptakan karakter yang tepat bagi wanita untuk berkontribusi dalam memimpin peran-peran gerakan dan program berkelanjutan. 

Read more

Posted May 3, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

5 Strategi Menjalankan Green Marketing

Green marketing akan membantu usahamu untuk selaras dengan alam, menolong sesama, tanpa mengabaikan profit usahamu. Sumber foto: © startupsmagazine.co.uk

Kini bisnis yang mengarah menuju ramah lingkungan telah memperoleh tempat tersendiri di hati konsumen. Menurut survei yang dilakukan oleh Grab pada April 2021, 1 dari 2 konsumen Grab ingin mengurangi limbah, terutama barang-barang seperti kantong plastik, tisu, atau kemasan plastik. Tak sampai di sana, ternyata 2 dari 5 konsumen bersedia membayar ekstra hingga Rp4.500 untuk kemasan yang ramah lingkungan. 

Read more

Posted May 3, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Ulang Tahun Anak Minim Plastik


Ternyata lampion kertas dapat digunakan sebagai hiasan pengganti balon, lho. Sama-sama meriah, hanya saja lampion kertas dapat digunakan berulang kali. Sumber foto: © Brianda O’Connor via pinterest.com

Bagi yang punya anak kecil, pasti pernah atau ada rencana bikin pesta ulang tahun untuk si buah hati. Dari perayaan paling sederhana sampai yang paling meriah. Banyak yang bisa kita lakukan supaya acaranya minim sampah, terutama sampah plastik sekali pakai. Yuk, kita simak beberapa tips berikut. Barangkali salah satu atau semuanya bisa dicoba untuk acara ulang tahun berikutnya. 

Read more

Posted May 3, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Bottle Returning Cashback dari Akkar Juice Bar


Kemasan botol kaca dari Akkar Juice Bar. Sumber foto: © Akkar Juice Bar

 

"Love the earth as you would love yourself - John Denver"

Pada tanggal 22 April 2022, kita merayakan hari bumi. Apakah kamu sudah mencintai bumi ini seperti kamu mencintai dirimu sendiri? Mencintai bumi dapat dilakukan banyak hal seperti menjaga bumi dari segala ancaman kerusakan, salah satunya adalah ancaman dari sampah plastik. 

Read more

Posted May 3, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Resiko Penggunaan Botol Plastik PET

Bahaya minum air dalam kemasan plastik PET. Sumber foto: © hipwee.com

Plastik bukan merupakan benda yang asing bagi kita. Hampir semua barang yang kita punya menggunakan plastik karena harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus. Pada dasarnya plastik dikelompokan menjadi beberapa jenis yaitu Polyethylene Terephthalate (PET), High Density Polyethylene (HDPE), Polyvinyl Chloride (PVC), Low Density Polyethylene (LDPE), Polypropylene (PP), Polystyrene (PS), dan  Plastik 7 (Other).

Read more