coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Archive October 2020

Posted October 20, 2020 by Dwi with 21 comments

Pengelolaan Limbah dan Sampah Medis Memerlukan Komitmen Semua Pihak


Tangkapan layar seminar pengelolaan sampah dan limbah medis di rumah, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain melalui aplikasi Zoom, Minggu (27/9).

Pengelolaan limbah medis telah menjadi hal yang sangat menarik untuk dibahas semenjak COVID-19 menjadi pandemi global. Limbah medis merupakan limbah bahan berbahaya dan beracun (LB3) yang dihasilkan oleh aktivitas di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit, puskesmas, klinik dan lain-lain. Bagaimana pengelolaannya di masa pandemi ini?

Read more

Posted October 14, 2020 by Okky Sari with 21 comments

Memupuk Sadar Nyampah saat Berbelanja


Konsumen ketika memilih barang yang diperlukan di pasar swalayan. Sumber: freepik.com.

Keranjang belanja mulai dipenuhi dengan 2 bungkus kerupuk mentah, 6 pak daun teh, 6 bungkus sabun mandi. Lorong berikutnya adalah lokasi bahan-bahan kue. Di situ, tempat ragi ukuran 500 gr kosong, yang ada hanya ragi sachetan ukuran 11 gr yang dikemas lagi dalam kotak atau plastik yang lebih besar. Tidak ada stok vanili cair botol besar, yang ada hanya botol lebih kecil yang tidak benar-benar penuh. Batal beli apa-apa dari lorong ini. Total belanjaan hari ini sebesar Rp130.000; total kemasan plastik hasil belanjaan 14; total kemasan plastik yang bisa dipakai ulang dari belanjaan hari ini hanya 2 saja.

Read more