coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Archive April 2021

Posted April 8, 2021 by Dwi with 21 comments

Dilema Diet Plastik Pada Masa Pandemi

Kudapan dan alat makan yang dibungkus dengan plastic wrap saat berkegiatan di hotel selama pandemi, Kamis (8/4/2021) ©PlastikDetox

Berkegiatan di luar selama masa pandemi memang cukup merepotkan karena ada beberapa perlengkapan tambahan yang perlu dipersiapkan. Mulai dari masker, hand sanitizer dan di beberapa situasi perlu memakai face shield. Bagi yang memang sudah lebih dulu menerapkan diet plastik, tambahan perlengkapan ini menambah daftar panjang barang yang perlu dipersiapkan saat bepergian.

Read more

Posted April 7, 2021 by Dwi with 21 comments

Ironi Belanja Daring Di Tengah Masa Genting


Seorang wanita sedang memakai hand sanitizer di depan laptopnya. Sumber: freepik.com

Seluruh dunia sedang dihadapkan dengan situasi yang sulit karena adanya pandemi COVID-19. Pandemi ini telah memberikan dampak yang negatif dari segala sektor. Bukan hanya sektor kesehatan, tetapi semua sektor terdampak. Semua aktivitas yang dilakukan juga mengalami kendala karena adanya pembatasan aktivitas yang bertujuan untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas.

Read more

Posted April 7, 2021 by Dwi with 21 comments

Ada Alam yang Terancam Dibalik Pesta Diskon


Paket pesanan daring yang siap dikirim ke pelanggan marketplace. Sumber: merdeka.com

Tulisan besar dengan warna terang bertuliskan 1.1, 2.2, 3.3 dan seterusnya sampai 12.12 adalah slogan bulanan dari platform belanja daring. Tim Marketing mereka seakan memastikan semua orang melihatnya, iklan mereka muncul dimana-mana, di website yang saya sedang baca, di TV, Facebook, Instagram dan Youtube.

Read more

Posted April 6, 2021 by Dwi with 21 comments

Sampah Plastik Menjadi Bumerang Bagi Lingkungan

Seekor penyu terjebak di tumpukan sampah laut. Sumber: granthaminstitute.atavist.com

Plastik memiliki sifat yang ringan, murah, dan kuat, sehingga masyarakat menjadi nyaman saat menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan plastik pada awalnya digunakan sebagai pengganti pembungkus alami agar tidak mengurangi sumber daya alam kini menjadi bumerang bagi lingkungan.

Read more

Posted April 6, 2021 by Dwi with 21 comments

Akhir Tipu-Tipu Biodegradable, Pemerintah Australia Melarang Penggunaannya

Masih utuh - Salah satu contoh plastik yang diklaim biodegradable yang ditaruh di depan kamar Sri Junantari sejak 2017. Sumber foto: ©PlastikDetox
 

Pagi itu saya melihat story seorang teman di Instagram yang mengabarkan “Australia will soon ban biodegradable plastics”. Suara jeritan kecil bocor dari mulut saya. Tangan saya dalam sekejap sudah membawa saya mengunjungi post plasticsoupfoundation yang diunggah via story oleh teman saya.

Read more