coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Archive April 2022

Posted April 21, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Perubahan Iklim dan Upaya yang Dapat Kita Lakukan untuk Memeranginya


Ilmuwan Peter Kalmus menjalankan aksi protes untuk menghentikan penggunaan dan pendanaan bahan bakar fosil pada 6 april 2022 di gedung JP Morgan Chase. Sumber foto: © Akun Twitter @ClimateHuman.

Akhir-akhir ini sedang marak diperbincangkan mengenai aksi beberapa ilmuwan di Kota London, Inggris yang melakukan protes terhadap keberlanjutan penggunaan bahan bakar fosil yang menjadi salah satu penyumbang terbesar gas rumah kaca pemicu perubahan iklim. Aksi mereka didasari oleh temuan dari laporan “Climate Change 2022: Impacts, Adaptation, and Vulnerability” yang diterbitkan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

Read more

Posted April 21, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Si Cantik Pembungkus Permen


Bungkus permen yang berwarna-warni bisa dijadikan lukisan juga, lho. Sumber foto: © Henx Dragshop 2 via bukalapak.com.

Sahabat, plastik yang awalnya sebagai hasil teknologi untuk mengurangi kerusakan hutan ternyata kini membuat keresahan. Hasil kepandaian manusia ini perlu dimanfaatkan dengan lebih bijaksana, karena saat ini plastik sudah menimbulkan masalah.

Read more

Posted April 14, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

5 Tips Menghindari Fast Fashion Saat Lebaran


Mix and match pakaian untuk Lebaran. Sumber foto: MataMata.com

Lebaran sebentar lagi. Baju baru sebentar lagi. Wah ini bukan hanya lagu untuk anak-anak namun kaum dewasa juga mengimpikan membeli baju baru. Tak apa, sekali setahun. Namun, apakah betul sekali setahun?

Read more

Posted April 14, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Relawan PlastikDetox, Penular dan Penyemangat Aksi Semangat Keberlanjutan

Dari 4 orang relawan pendiri PlastikDetox, kini kami diramaikan dengan 15 relawan aktif dan belasan lainnya yang baru saja bergabung melalui program kerelawanan PlastikDetox. Mereka inilah tulang punggung PlastikDetox yang menjadi teman belajar dan penyemangat untuk terus maju. 

Read more

Posted April 14, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Tetap Gaya, Tanpa Plastik: Eksplorasi Gaya Hidup 1.5 Derajat

Riset membuktikan… perubahan gaya hidup jadi kunci pengurangan plastik. Pengurangan plastik juga akan membantu mengurangi dampak perubahan iklim. Hal-hal yang bermakna dan membuat gembira itu tidak semuanya harus dibeli dan terkemas dalam plastik lho. Lihat dulu tabel ini lalu lanjut baca artikel seriusnya di bawah.

Read more

Posted April 12, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

7 Partnership PlastikDetox Siap Membantu Usaha Anda

Hai, Timpal PlastikDetox!

Kami telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mendukung perkembangan usahamu agar makin minim sampah. Yuk, manfaatkan kolaborasi yang telah kami lakukan. Berikut daftarnya. Klik di foto untuk informasi lebih lanjut, ya.

 

Read more

Posted April 12, 2022 by Sri Junantari with 21 comments

Makna dari Bijak Menggunakan Plastik Sekali Pakai

Mengkhawatirkan! Dampak Sampah Menumpuk di Pintu Air, Ribuan Hektar Persawahan Mengalami Kekeringan (Foto: © Radarbekasi/Ariesant)

Masalah sesungguhnya dalam limbah plastik yaitu plastik yang tidak dapat didaur ulang dan limbahnya tidak atau belum bisa ditangani sehingga menumpuk dan merusak lingkungan sekitar bahkan mengancam nyawa makhluk hidup.

Read more