coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

PlastikDetox Kembali Bermitra dengan GoFood

Posted August 14, 2019, 14:00 by Okky Sari

PlastikDetox bersama Gerakan Diet Kantong Plastik, WWF Indonesia dan perwakilan KLHK saat konferensi pers GoGreener di Arborea Cafe, Komplek KLHK Manggala, Jakarta (8/8/19) lalu.

Setelah sukses menyelenggarakan training Pengurangan Plastik Sekali Pakai dalam Bisnis Makanan 100 merchants di Denpasar, Bali pada April 2019, kini Gojek kembali bermitra dengan PlastikDetox untuk program Gojek Wirausaha yang berfokuskan pada bisnis ramah lingkungan di beberapa kota besar Indonesia lainnya.

Inisiatif yang pertama kali diluncurkan yaitu GoFood melalui pilihan untuk tidak menyertakan alat makan sekali pakai dalam pemesanan makanan dan menyediakan tas pengantaran khusus. Peluncuran ini diselenggarakan dalam konferensi pers GoGreener di Arborea Cafe, Komplek KLHK Manggala, Jakarta (8/8/19).

PlastikDetox bersama Gerakan Diet Kantong Plastik, WWF Indonesia dan perwakilan KLHK saat konferensi pers GoGreener di Arborea Cafe, Komplek KLHK Manggala, Jakarta.

GoGreener merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memudahkan konsumen mitra merchant dan mitra driver menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, “Sebagai bagian dari ekosistem Gojek, penting bagi GoFood untuk ikut mendorong terwujudnya ekosistem bisnis yang ramah lingkungan. Karenanya, GoFood telah menghadirkan fitur di aplikasi yang memungkinkan pelanggan memilih alat makan plastik secara opsional dan berhasil mengajak hampir 1.000 outlet kuliner untuk berpartisipasi.”

Bersama GoFood, PlastikDetox akan mengedukasi dari berbagai macam pendekatan yang relevan agar merchant paham bahwa keuntungan dan pertanggungjawaban bisnis dapat berjalan beriringan. Marc-Antoine Dunais, Co-Founder & Advisor PlastikDetox mengatakan “Kini, semakin banyak pelaku bisnis yang menyadari pentingnya operasional bisnis karena permintaan masyarakat, peraturan pemerintah, bahkan kesadaran sendiri. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memulai bisnis tanpa menghasilkan sampah plastik secara berlebihan.”


PlastikDetox saat menfasilitasi training para merchant GoFood di Bali pada April 2019 lalu di Bali.

GoGreener ini juga bekerja sama dengan organisasi lingkungan yaitu Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) dan WWF-Indonesia, untuk mengajak mitra UMKM, mitra driver, dan konsumen kami untuk sadar pentingnya mengadopsi gaya hidup dan operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan..

Direktur Pengelolaan Sampah Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar yang turut hadir dalam konferensi pers menuturkan, “Gojek merupakan platform teknologi yang telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari masyarakat. Melalui platform Gojek, pemerintah terus menyempurnakan kebijakan yang berwawasan lingkungan. Masyarakat pun harus ikut bergerak, apalagi saat ini sudah semakin mudah dengan inisiatif sadar lingkungan yang difasilitasi oleh GoFood.”

Sebagai bagian dari komitmen GoFood dalam inisiatif GoGreener ini, GoFood berkolaborasi dengan berbagai pihak yang ditandai dengan rencana penandatanganan kerjasama (Memorandum of Understanding / MoU) antara KLHK dan Gojek yang fokus pada edukasi perilaku bisnis, pelayanan, dan konsumsi yang ramah lingkungan yang tergabung dalam ekosistem GoFood untuk mitra merchant, mitra driver, dan pelanggan setianya.

Editor/Penulis: Luh De Dwi Jayanthi
Koordinator PlastikDetox

 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months