coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Mencegah Sampah Botol Hingga 1,12 Kali Tinggi Patung Liberty

Posted November 1, 2019, 13:03 by Okky Sari

Relawan PlastikDetox saat menyediakan stasiun air minum isi ulang di Sanur Festival pada 21-25 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar.
Relawan PlastikDetox saat menyediakan stasiun air minum isi ulang di Sanur Festival pada 21-25 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar.

Pernahkah kamu membayangkan menyusun botol plastik tingginya mencapai 1,12 kali tinggi patung Liberty? Patung Liberty adalah simbol perjuangan kemerdekaan warga Amerika Serikat. PlastikDetox Bali dan panitia penyelenggara juga berjuang mengajak pengunjung Sanur Village Festival tahun 2019 untuk merdeka dari penggunaan plastik sekali pakai. 

 

 


Relawan PlastikDetox saat menyediakan stasiun air minum isi ulang di Sanur Festival pada 21-25 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar.

PlastikDetox Bali berinisiatif untuk menyediakan stasiun pengisian ulang air minum di area Sanur Village Festival untuk mencegah timbulnya sampah botol plastik sekali pakai yang berlangsung pada 21-25 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar. Diah Paramitha, seorang pengunjung Sanur Village Festival yang mengisi ulang botol air minum mengutarakan kesannya mengenai tersedianya stasiun pengisian ulang air minum. Bagi Diah, “Dunia sedang mengalami krisis lingkungan bersih. Dengan adanya stasiun pengisian ulang air minum ini dapat menjadi langkah awal untuk mewariskan lingkungan yang asri untuk anak cucu kita. Aku bisa, kamu juga.” Diah yang biasa membawa botol minum sendiri setiap hari ini berharap semakin banyak ada tempat yang menyediakan isi ulang air minum sehingga tidak harus membeli air minum dalam kemasan sekali pakai lagi.

Setara Patung Liberty
Selama 5 hari penyediaan stasiun pengisian ulang air minum, pengunjung Sanur Village Festival menghabiskan 14 galon air yang setara dengan 266 Liter. Jika hasil ini dikonversi, akan setara dengan 443 botol air minum dalam kemasan 600 mL. Jika 1 botol kemasan 600 mL mempunyai panjang 23,5 cm, maka 443 botol ini disusun vertikal akan mencapai 104 m yang setara dengan 1,12 kali tinggi patung Liberty. Kemudian jika pada saat festival harga sebotol air minum kemasan adalah Rp5.000,00 maka telah dihemat uang sebanyak Rp2.215.000,00.

Dwi Windariyati, pengunjung Sanur Village Festival yang sedang mengisi ulang botol minum manyatakan keantusiasannya. “Stasiun pengisian air minum adalah ide yang sangat bagus untuk mengurangi sampah botol plastik. Semoga lebih banyak lagi orang yang sadar untuk membawa botol minum sendiri”. Begitulah komentar Dwi yang sehari-harinya juga menyediakan stasiun pengisian ulang di restoran miliknya.


Lokasi Strategis
Demi memudahkan pengunjung untuk menjangkau keberadaan stasiun air minum isi ulang, PlastikDetox Bali ada di 3 titik strategis, yaitu di bagian kanan pintu masuk, di dekat area permainan anak-anak dan di area stan makanan. Setiap titik stasiun dijaga oleh relawan yang membantu pengunjung melakukan pengisian ulang botol air minumnya. Pengunjung cukup membayar donasi Rp2.000 setiap melakukan pengisian ulang botol air minum.

Festival yang berlangsung selama lima hari ini, selalu ramai dengan pengunjung. Setiap sore, alunan musik terdengar riuh rendah. Kemudian suara musik kian memuncak ketika hari menjelang malam, begitu pula dengan jumlah penontonnya. Ada berbagai pertunjukan yang bisa dinikmati setiap hari seperti pertunjukan band indie hingga nasional, tata busana, tari-tarian, paduan suara hingga mengukir es batu. Sanur Village Festival selalu merupakan ajang tahunan yang dikelola langsung oleh masyarakat Sanur. 

Sanur sebagai daerah tujuan wisata di pinggir pantai selalu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Semoga, aksi dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik sekali pakai seperti ini selalu ditingkatkan. Agar tidak ada lagi patung-patung tinggi yang disetarakan dengan jumlah air minum kemasan plastik sekali pakai yang dibuang.

Terima kasih kepada para relawan kami: Angel, Veren, Ozbec, Maharani, Rifqi, Krishna, Sri, Budi, Aflin, Rizki. Kalian sangat luar biasa! 


Penulis: Ni Luh Sri Junantari - Relawan PlastikDetox
Editor: Luh De Dwi Jayanthi - Koordinator PlastikDetox


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months