coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

GrabFood dan GoFood Rilis Data, Apa Kata Mereka?

Posted November 12, 2021, 05:49 by Sri Junantari

Simak tips mengemas produk dengan minim sampah dan tips meningkatkan penjualan. Sekarang sampah kotak susumu bisa dibeli oleh ecoBali, lho! 

Hai, Timpal PlastikDetox.

Pada newsletter kali ini, kamu akan memperoleh:

  • Tips mengemas produk dengan minim sampah

  • Tips meningkatkan penjualan

  • Sampah kotak susu bisa dibeli oleh ecoBali

 

Acara yang akan datang:

Culinary Camp: 8-17 November 2021. Daftarkan dirimu di sini.

 

Jumlah konsumen yang mencari tempat usaha yang ramah lingkungan kian meningkat. Survei yang dilakukan oleh Grabfood pada 2020 mencatat bahwa 1 dari 2 konsumen ingin mengurangi sampah, terutama kantong plastik, tisu atau kemasan saus. Kemudian, 2 dari 5 orang bahkan bersedia membayar ekstra hingga Rp4.500 untuk kemasan ramah lingkungan. Wow!

 

Pihak GoFood menyatakan 97% pelanggan GoFood memilih untuk tidak menggunakan alat makan plastik. Kamu tentu tak ingin melewatkan tren ini begitu saja, kan? 

Berikut kami sampaikan inspirasi kemasan minim sampah yang dapat diterapkan dalam usahamu.
 

 
  • Menyajikan jenis makanan yang mudah dikemas. Di gambar contoh ditampilkan jenis makanan yang dikemas adalah tidak berkuah dan sambal tidak perlu dibungkus lagi.
  • Memilih kemasan yang paling sederhana. Di gambar contoh menggunakan dus makanan yang dapat terurai 2-3 bulan dan daun pisang yang dapat terurai 2-3 minggu.
  • Alokasi dana kemasan maksimal 10% dari harga makanan.
 

Bagaimana cara agar produk teman-teman terjual secara optimal? Berikut tips yang dapat kami sarankan.

  • Tingkatkan kesadaran konsumen 

Tahukah kamu bahwa 6 dari 10 pembeli di Indonesia menemukan produk di media sosial di semua kategori? Mulailah berinteraksi dengan pelanggan. Ajaklah pelanggan untuk melakukan photo challenge, voting produk dengan memanfaatkan fitur IG Story ataupun memberikan giveaway. Buatlah konten visual yang menyenangkan dan menarik.

  • Edukasi konsumen 

Manfaatkan media sosial dengan membuat konten keunggulan dan manfaat  produkmu. Akhiri konten dengan ajakan untuk membeli produkmu, ya.

  • Berikan promo

Buatlah promo pada tanggal kembar, hari gajian, harbolnas, Natal dan tahun baru. Momen tersebut lebih mudah diingat dan daya beli konsumen meningkat.

 

Perkenalan Partner PlastikDetox

 


Eits! Sekarang sampah kotak susu bisa dijual lho.
PlastikDetox bekerjasama dengan ecoBali dalam program Daur Ulang Kemasan Bekas Minuman. Anggota PlastikDetox dapat menjual kemasan kotak susunya dengan harga bersaing, plus dijemput langsung oleh ecoBali*. Silakan daftar program ini dengan cara mengisi form pendaftaran lalu konfirmasi ke Dwi Jayanthi via Whatsapp.

Selengkapnya ikuti ecoBali di Instagram dan  Facebook.

*syarat dan ketentuan berlaku


 

PlastikDetox mengucapkan selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan

 


Ini adalah penghujung newsletter edisi November 2021. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, kritik atau saran untuk newsletter ini, silakan kirimkan di sini. Sampai jumpa di newsletter selanjutnya ya. 

 

Salam hangat,

Tim PlastikDetox.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months