coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Akkar Juice Bar: Bukti Nyata Pelaku Usaha Bisa Kurangi Plastik Sekali Pakai

Posted January 12, 2024, 02:34 by Sri Junantari


Tangkapan layar pelaksanaan forum anggota PlastikDetox. Sumber: ©PlastikDetox

Suara riuh redam terdengar dari laptop tim PlastikDetox. Sorot mata takjub dari tim PlastikDetox jelas terlihat di layar ketika Ivan Pratama selaku co-founder Akkar Juice Bar sedang menceritakan prestasi keberlanjutan yang paling membanggakan sepanjang 2023. Emoticon salut lantas bertebaran dalam ruang Zoom Meeting ketika Ivan mengatakan bahwa Akkar Juice Bar menjadi role-model bagi usaha-usaha lain di sekitar toko mereka. Rupanya, pada Selasa, 21 November 2023, PlastikDetox  mengadakan Forum Anggota dengan tajuk “Ajang Dengar dan Takar Bersama Akkar Juice Bar”.

Pertemuan kali ini dibuka dengan seratus patah kata dari Luh De Dwi Jayanthi selaku  Manajer PlastikDetox yang mengingatkan seputar trend guna ulang yang digadang-gadang sebagai solusi pengurangan penggunaan sampah plastik di kalangan produsen. Guna ulang sendiri sudah diterapkan oleh Akkar Juice Bar yang menjual minuman jus, smoothie dan minuman segar lainnya dalam kemasan botol kaca yang dapat dikembalikan oleh pelanggannya. Selain itu, Akkar Juice Bar juga menerapkan program “Bottle Returning Cashback” untuk memaksimalkan pengembalian botol. Ketika pelanggan mengembalikan botol akan memperoleh cashback senilai Rp3.000.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi ice-breaking. Adanya sesi ini diharapkan peserta dapat lebih mengakrabkan diri dan lebih mau berpartisipasi aktif sepanjang acara. Ivan dan tim PlastikDetox diajak untuk memilih beberapa item yang sudah disiapkan panitia sebelum acara. Misalnya saja, kami diminta memilih antara musim hujan atau musim kemarau, lembur atau libur, dan sebagainya. Kami juga wajib menjelaskan alasan memilih salah satu item yang diberikan.

 

Acara berlanjut dengan mendengarkan paparan prestasi keberlanjutan yang paling membanggakan yang dicapai oleh Akkar Juice Bar pada 2023. Ivan dengan bangga menceritakan kalau Akkar Juice bar tidak mengalami kewalahan sampah ketika TPA di Yogyakarta ditutup. Lebih lanjut, Ivan memaparkan hal ini terjadi karena Akkar Juice Bar sudah terbiasa memilah sampah. 

 

Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang menghandle sampah organik yang mereka hasilkan yaitu pengusaha maggot dan petani di sekitar kedai jus mereka. Ketika TPA di Yogyakarta ditutup, tetangga-tetangga food and beverage lainnya di sekitar Akkar Juice Bar mulai mengikuti langkah pemilahan sampah mereka lakukan. “Kami bangga Akkar Juice Bar bisa menjadi role model bagi bisnis lainnya,” kata Ivan mengakhiri ceritanya.

 

Ivan juga menceritakan pengalaman unik tim Akkar Juice Bar yang menggunakan styrofoam bekas sebagai bahan pengantaran jus untuk pameran luar kota atau pesanan keluar kota. Styrofoam bekas merupakan pilihan terbaik dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia. Akkar Juice Bar menyimpan styrofoam bekas dengan baik untuk digunakan kembali. Ini adalah sebuah keputusan berkelanjutan yang tidak umum di kalangan pelaku usaha, yang biasanya masih menggunakan kemasan plastik dalam sekali pakai.

“Ketika ada yang pesan untuk diantar ke Jakarta, kami akan minta mereka menyimpan styrofoam milik kami, ketika saya pulang saya akan mengambil styrofoam tersebut ke rumah pelanggan,” tambah Ivan.

 

Sebagai penutup,  Ivan juga menyampaikan bahwa tingkat pengembalian botol di pameran yang Akkar Juice Bar hadiri mencapai 25-35%. Angka ini lebih rendah dari tingkat pengembalian botol di outlet mereka yang berkisar di 35%-40%. Ivan juga mengatakan bahwa pelanggan seringkali menggunakan botol dari Akkar Juice Bar sebagai pot tanaman dan hal lainnya.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang membahas rencana pemberdayaan anggota PlastikDetox pada tahun mendatang. Akkar Juice Bar menyarankan agar ada pembagian link e-book yang dapat mereka pajang di outletnya. Selain itu, Akkar Juice Bar  juga tertarik untuk berkolaborasi dengan PlastikDetox di pameran. Anna Sutanto co-founder PlastikDetox yang hadir sebagai fasilitator menanggapi dengan tawaran dengan mengatakan bahwa PlastikDetox juga dapat membuat postingan feed khusus untuk Akkar Juice Bar berdasarkan best practice dan nantinya akan dikolaborasikan dengan akun IG Akkar Juice Bar. Selain itu, Anna juga merekomendasikan Akkar Juice Bar untuk membuat akun di Fair Food Forager, sebuah aplikasi yang menyajikan informasi terkait usaha-usaha yang vegetarian, vegan, atau pun mengurangi plastik sekali pakai. Diharapkan agar pengguna yang kebetulan di Yogyakarta bisa mengetahui keberadaan Akkar Juice Bar. 

 

Acara Dengar dan Takar bersama Akkar berakhir pukul 11.30 Wita setelah berlangsung selama 1,5 jam. Dari sesi dengan Akkar Juice Bar ini, kita bisa belajar bahwa upaya sekecil apapun yang kita lakukan untuk mengurangi plastik sekali pakai akan membawa berkah di masa mendatang. Konsisten melaksanakan berbagai upaya tersebut adalah kunci sukses yang turut menjaga asa semangat kita dalam pengurangan plastik sekali pakai.

 

Tertarik berjejaring bersama Akkar Juice Bar dan puluhan pelaku usaha lainnya? Daftarkan usahamu di sini!

 

Penulis: Sri Junantari

Penyunting: Marc-Antoine Dunais


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months