coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Budayakan Bawa Botol Minum bersama RefillMyBottle

Posted March 28, 2018, 06:35 by Okky Sari


Seberapa seringkah kita membawa botol minum saat bepergian? Atau kita berpikir untuk membeli saja di toko karena lebih praktis dan harga juga terjangkau? Kita pasti butuh air minum saat beraktivitas, misalnya saat kita pergi berwisata. Namun sering kali kita bingung saat air minum yang kita bawa sudah habis, kita memilih beli air minum saja, mengingat di Indonesia belum banyak disediakan fasilitas tap water di tempat umum. 

​Tapi saat ini sudah ada sebuah aplikasi yang membantu kita untuk mengisi ulang botol minum yang kita bawa, yaitu RefillMyBottle. RefillMyBottle adalah sebuah aplikasi yang membantu kita untuk menemukan refill station terdekat agar kita bisa mengiisi ulang botol minum yang kita bawa. Ide ini digagas oleh komunitas-komunitas yang tergabung dalam bookgreener.com yang akhirnya membuat sebuah komunitas dengan nama yang sama dengan aplikasinya yaitu RefillMyBottle. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi untuk mengurangi sampah plastik dengan mengajak masyarakat untuk membawa botol minum sendiri serta dimudahkan untuk mengisi ulang botol minum yang dibawa.

Aplikasi ini muncul di awal tahun 2017 dan bermula di Bali dan Gili. Bali dan Gili merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis, maka kehadiran RefillMyBottle diharapkan bisa menjadikan turis sebagai bagian untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan membawa botol minum saat bepergian. Saat ini sudah ada 350 refill station yang tersebar di Indonesia seperti di Bali, Gili, Yogyakarta, Aceh, dan Maluku dengan sebagian besar refill station berlokasi di Bali dan Gili.

Christine Go sebagai Project Manager dari RefillMyBottle menjelaskan bahwa dirinya bersama tim mengajak beberapa pemilik bisnis untuk menjadikan tempat bisnisnya sebagai refill station, meliputi tour agency, restoran, kafe, vila, dan hotel. Refill station tersebut menyediakan air minum yang diberikan secara gratis atau berbayar dengan harga tidak lebih mahal dari harga air minum kemasan di toko. Selain itu Christine Go menjelaskan, kerjasama RefillMyBottle dengan tour agency juga sangat membantu untuk mengajak turis membawa botol minum pribadi atau memberikan merchandise berupa tumbler dan menunjukkan keterangan di peta pariwisata mengenai informasi keberadaan refill station terdekat. 

Rencana selanjutnya, RefillMyBottle akan melakukan ekspansi untuk memperbanyak refill station di Indonesia. Kehadiran RefillMyBottle diharapkan dapat mengurangi sampah plastik mengingat besarnya angka penggunaan botol plastik di Indonesia dan juga belum adanya fasilitas tap water di tempat umum. 

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut bisa masuk ke website www.refillmybottle.com atau unduh aplikasi RefillMyBottle di Play Store dengan gratis. Di sana kita bisa melihat peta untuk mengetahui lokasi refill station terdekat atau bagi para pemilik bisnis yang tempat bisnisnya ingin dijadikan sebagai refill station bisa mendaftarkan diri secara gratis.

Penulis : Purwaningdyah Ayu Saraswati
Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News