coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

7 Cara Menghindari Penyebaran COVID-19 berdasarkan Food Packaging Forum

Posted April 23, 2020, 06:13 by Okky Sari

Rutin mencuci tas belanja ketika sampai di rumah. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty
Salah satu cara yang penting dilakukan untuk menghindari terpaparnya virus corona mengingat virus ini dapat menular melalui manusia lewat percikan air saat bersin atau batuk. Menurut Food Packaging Forum, virus ini juga dapat bertahan hidup di permukaan seperti plastik, kertas, karton, dan permukaan benda lainnya. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona saat #dirumahaja namun tetap ramah lingkungan.

 

Jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia hingga kian meningkat. Melansir dari Kompas.com, vaksin sedang dikembangkan dan masih diuji coba ke manusia yang membutuhkan waktu kurang lebih 90 hari. Oleh karena itu pencegahan penyebaran COVID-19 harus dilakukan, salah satunya dengan #dirumahaja. Hal ini adalah salah satu cara yang penting dilakukan untuk menghindari terpaparnya virus corona mengingat virus ini dapat menular melalui manusia lewat percikan air saat bersin atau batuk. Menurut Food Packaging Forum, virus ini juga dapat bertahan hidup di permukaan seperti plastik, kertas, karton, dan permukaan benda lainnya. 
 
Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terinfeksi virus corona saat #dirumahaja namun tetap ramah lingkungan.
 
1. Memindahkan makanan ke wadah lain 
Jika memesan makanan secara daring, segera pindahkan makanan dari kemasan ke wadah yang tersedia di rumah. Hal ini dilakukan agar menghindari penularan virus yang mungkin menempel pada kemasan makanan saat proses pengiriman makanan. Jangan lupa untuk tidak menambahkan alat makan plastik seperti sedotan dan sendok karena kita  #dirumahaja.  
Memindahkan makanan dari kemasan ke wadah yang tersedia di rumah. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty
 
2. Bersihkan barang belanjaan setelah berbelanja 
Membersihkan barang belanjaan dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada benda non-makanan. Sedangkan pada makanan seperti sayur dan buah dapat dicuci kemudian dipindahkan pada wadah sebelum disimpan dalam kulkas. Untuk makanan yang tidak perlu disimpan dalam kulkas seperti bawang, ubi, kentang, dan wortel dapat disimpan pada wadah terbuka yang terbuat dari bambu (besek). 
Membersihkan barang yang dibeli dengan disinfektan. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty
 
3. Mencuci tas belanja setelah digunakan 
Tas belanja yang digunakan harus sering dibersihkan dengan dicuci dengan sabun cuci lalu dikeringkan di udara.
Mencuci tas belanja dan sabun lalu dikeringkan. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty
 
4. Menyimpan bahan makanan agar dapat awet di kulkas tanpa plastik
Bahan makanan seperti sayur, buah, cabai dan bahan makanan lainnya dapat disimpan dalam wadah tertutup. Ini bertujuan agar bahan makanan lebih awet saat disimpan dalam kulkas sekaligus wadah tersebut dapat dipakai ulang. 
Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas. Sumber: istimewa
 
5. Memasak makanan sendiri 
Memesan makanan adalah salah satu hal yang praktis, namun memesan makanan dapat menambah resiko penularan melalui kemasan dan bisa menambah jumlah sampah wadah sekali pakai. Dengan memasak makanan sendiri, kamu bisa makan makanan yang lebih higienis. 
Memasak makanan sendiri di rumah. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty
 
6. Semprot cairan disinfektan pada barang pesanan daring 
Cairan disinfektan dapat disemprotkan terlebih dahulu pada kemasan sebelum dibuka. Kemudian barang daring bukan makanan juga disarankan untuk disemprotkan cairan disinfektan untuk menghindari terpaparnya virus pada tubuh kita.
Menyemprotkan disinfektan pada paket yang datang ke rumah. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty

7. Mencuci tangan setelah selesai melakukan kegiatan 
Salah satu cara untuk terhindar dari penularan virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan setelah melakukan kegiatan seperti berbelanja, mengambil pesanan dan lain sebagainya. Mengingat tangan bisa menjadi salah satu tempat berpindahnya virus, kamu lebih disarankan untuk mencuci tangan dibandingkan memakai sarung tangan medis atau plastik untuk berbelanja atau membuka barang pesanan online. 
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. ©PlastikDetox/Sherina Oktafianty
 
Meskipun penularan virus corona dari permukaan benda tidak berpotensi tinggi, namun tetap harus dilakukan pencegahan. Selalu ingat jaga kebersihan dan kesehatan juga tetap sebisa mungkin melakukan kegiatan #dirumahaja. Kamu juga dapat melakukan tips-tips di atas sebagai langkah mencegah penularan virus corona COVID-19 berdasarkan Food Packaging Forum. Yuk selalu waspada dan menjauhi keramaian dengan tetap #dirumahaja!

Penulis: Sherina Oktafianty - Relawan PlastikDetox
Editor: Luh De Dwi Jayanthi - Koordinator PlastikDetox

Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News