coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Tahun 2022, Distributor Plastik di Bali akan ditutup, lho!

Posted January 5, 2022, 04:41 by Sri Junantari

Hai, Timpal PlastikDetox. Semoga selalu dalam keadaan sehat.
Khusus pada newsletter edisi kali ini, kami akan menyajikan highlight berita tentang plastik, baik dari lokal maupun mancanegara pilihan tim PlastikDetox.

Kemenangan Besar bagi Kita! Australia akan Segera Melarang Penggunaan Plastik Biodegradable

Sumber foto: Lloyd Russell/University of Plymouth
 

Maret 2021, publik dikejutkan dengan rencana pelarangan penggunaan plastik biodegradable di Australia pada Juli 2022. Pelarangan ini adalah usaha pemerintah Australia menangani krisis masalah plastik yang akan berlaku untuk industri.

Plastik biodegradable dianggap bermasalah karena kurangnya peraturan atau standar tentang bagaimana istilah tersebut harus digunakan. Masalah lain yang cukup mengkhawatirkan adalah plastik biodegradable yang terurai hingga tak dapat dilihat mata telanjang ternyata tetap ada di lingkungan seperti tanah maupun dapat berakhir di lautan. 

Melangkah lebih jauh >> di sini

 

Rilis! 11 Brands Pelaku Greenwashing pada 2021


7 Desember 2021, Eco-Business merilis data 11 brand yang dikritik karena mengklaim keberlanjutan dengan kredibilitas yang meragukan. Siapa sajakah mereka? Ada perusahaan minyak besar, produsen kosmetik hingga produsen sepatu. Mau tahu klaim mereka dan kenyataannya? 

Lihat Kesebelasnya >> di sini 

 

Kabar Baik! Gubernur Bali akan Tutup Distributor Plastik Sekali Pakai di Bali
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi Tim PlastikDetox
 

Gubernur Bali, Wayan Koster dalam acara focus group discussion (FGD) virtual Program Studi (Prodi) Magister Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (23/12/2021), menyatakan akan bertindak tegas dalam upaya pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai. Salah satunya, Koster berencana menutup perusahaan yang menjadi distributor plastik sekali pakai seperti kresek dan pipet. 

Koster juga meminta masyarakat untuk menggunakan kembali bahan-bahan alami sebagai pengganti plastik sekali pakai. Terakhir Koster mengajak masyarakat untuk melaksanakan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Pergub Bali Nomor 47 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. 

Mau tahu kata Koster? Cek di sini.

 

Diskon 30% untuk Pembelian Coaster dan Trivet di Greenie

 

 

Tahun 2021, bukanlah tahun yang mudah untuk kita semua. Terima kasih masih terus berusaha mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Semoga tahun ini, kita tetap semakin bersemangat untuk berusaha kurangi penggunaan plastik sekali pakai. Selamat tahun baru 2022. 

 

Ini adalah penghujung newsletter edisi Januari 2022. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, kritik atau saran untuk newsletter ini, silakan kirimkan di sini. Sampai jumpa di newsletter selanjutnya ya. 

Salam hangat,
Tim PlastikDetox

 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News