coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Newsletter Edisi Juni 2022

Posted June 23, 2022, 07:05 by Sri Junantari

Hai, Timpal PlastikDetox! Semoga semua dalam keadaan sehat.

 

Di newsletter edisi Juni 2022 ini, tim PlastikDetox merangkum tips beradaptasi dengan tampilan feed Instagram rasa Tiktok, daur ulang tak cukup untuk mengurangi sampah plastik, kegiatan terbaru tim PlastikDetox, dan artikel terbaru di website PlastikDetox.

3 Tips Beradaptasi dengan Tampilan Feed Instagram Rasa Tiktok


Sumber foto: © Headlines24

Mei 2022, Instagram meluncurkan pembaruan tampilan feed full-screen Instagram yang terasa seperti Tiktok. Pembaruan layar penuh ini selaras dengan orientasi Instagram yang makin menuju video dengan opsi sound on. Tampilan baru ini juga datang bersamaan dengan algoritma baru yang merekomendasikan video kreator ke penonton baru. Cari tahu lebih banyak di sini >>>

 

Daur ulang saja tak cukup untuk mengurangi sampah plastik

 

Sumber foto: © Shierine Wibawa (kompas.com)

Tingkat keterdaurulangan sampah kemasan plastik menjadi produk baru di Amerika Serikat hanya sekitar 8,5%. Masalah daur ulang tidak hanya tentang bagaimana memaksa konsumen untuk memisahkan sampahnya, tetapi juga tentang fasilitas yang harus disediakan oleh pemerintah. Kini, negara-negara bagian tengah mencoba pendekatan baru dengan menggandeng produsen untuk bertanggung jawab lebih banyak atas sampah kemasan yang mereka hasilkan. 

 

Bayangkan saja, di Amerika Serikat dengan fasilitas daur ulang yang lebih memadai, daur ulang dianggap tak menyelesaikan sampah plastik. Apa kabar di Indonesia? Oleh karena itu, kita perlu bergandengan tangan untuk sama-sama mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan pakai ulang, pengurangan bertahap, dan pikir ulang. 

Mari kita sama-sama berpikir ulang di sini >>>

 

Photo of The Month

 

Sumber foto: © Sri Junantari

Penggunaan plastik yang berlebihan dengan alasan higienitas ini tak bisa menjadi bagian dari era normal baru kita. Presiden Jokowi sudah mengizinkan warga untuk melepas masker di luar ruangan. Lalu, kenapa kita masih mempertahankan penggunaan plastik untuk mengemas peralatan makan yang bahkan tak diatur dalam pedoman CHSE

 

Diskusikan lebih lanjut di sini >>>

 

Kegiatan Terbaru Tim PlastikDetox

Tim PlastikDetox sedang menjalankan program penelitian penghitungan jumlah sampah plastik sekali pakai yang dapat dicegah oleh anggota PlastikDetox. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dalam menyukseskan penelitian ini dengan menjawab pertanyaan dari relawan kami.

 

Tim PlastikDetox sedang menyiapkan sebuah rangkaian acara bertajuk, “PlastikDetox Festival” – Dasawarsa Mengawal Asa untuk merayakan 10 tahun berdirinya PlastikDetox. Seperti tahun sebelumnya, kami juga akan mengadakan giveaway, kalau teman-teman mau menyumbangkan voucher, kami dengan senang hati akan menyiapkan konten untuk itu. Jadi, jangan kaget kalau nanti relawan kami menghubungi kalian para anggota PlastikDetox.   

Tim PlastikDetox menghadiri workshop penguatan pembinaan dan penguatan pengawasan PerGub Bali No.97 Tahun 2018 di DKLH Provinsi Bali pada Selasa dan Jumat, 24 dan 26 Mei 2022.

 

Terbaru di Website PlastikDetox

4 Tips Menjamu Tamu dengan Minim Plastik

It’s ok to experiment on your relatives to sort their waste. Here’s how to do it.

Keseruan Training Relawan PlastikDetox


Ini adalah penghujung newsletter edisi Juni 2022. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, kritik atau saran untuk newsletter ini, silakan kirimkan di sini. Sampai jumpa di newsletter selanjutnya ya. 


Salam hangat,

Tim PlastikDetox. 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News