coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Inspirasi Penanganan Sampah Kafe dan Restoran Anggota PlastikDetox

Posted December 15, 2022, 02:56 by Sri Junantari

Para peserta Forum Anggota sedang berfoto bersama sebelum memulai sesi diskusi. Sumber foto: © PlastikDetox

Hujan rintik-rintik masih belum menunjukkan tanda akan reda. Ini seakan menyambut riuhnya peserta Forum Anggota PlastikDetox membicarakan penanganan sampah yang telah dilakukan di usaha masing-masing.pada Selasa (29/11) melalui Zoom Meeting.

“Sangat harum bunga di taman

Banyak bunga aneka rupa

Bagaimana kabarmu teman?

Sudah lama kita tak berjumpa,”

sapa Sri Junantari selaku MC untuk mengawali Forum Anggota kali ini.

Manajer PlastikDetox mengucapkan terima kasih atas antusiasme anggota yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri forum anggota. Acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan antar peserta dengan mengetikkan satu kata sifat yang menggambarkan dirinya sendiri. 

Setelah itu, Anna Sutanto selaku pemantik diskusi memilih acak tiga orang peserta untuk menceritakan lebih lanjut kata yang dipilihnya. Dari sesi kenalan ini diperoleh satu kalimat yang menggambarkan peserta yaitu pengusaha harus inovatif, easy going, dan ceria.

Di Forum Anggota kali ini, kami turut mengundang perwakilan dari ecoBali untuk menyosialisasikan program Ini Bukan Sampah yang dapat telah diikuti oleh beberapa anggota PlastikDetox. Bagus Mahendra, selaku Junior Manager Network Development ecoBali memaparkan jenis sampah yang dapat diangkut dalam program Ini Bukan Sampah. 

Pada sesi ini, kami juga memberi kesempatan kepada Bayu dari Kopi Delter untuk menceritakan pengalamannya mengikuti program Ini Bukan Sampah. “Truk pengangkut sampah dari ecoBali itu keren, ada keterangan daur ulang, jadi terlihat terpercaya. Banyak pelanggan kami yang akhirnya ikut menitipkan sampahnya di Kopi Delter.” ungkap Bayu. Sesi ini ditutup dengan tanya jawab yang berlanjut di kolom komentar hingga akhir Forum Anggota.

Sesi diskusi dilanjutkan dengan berbagi pengalaman penanganan sampah yang telah dilakukan oleh anggota. Ryan dari Kopincut Jakarta menceritakan bahwa selama ini Kopincut Jakarta menyerahkan sampah yang telah terpilah ke bank sampah, tetapi kini bank sampah tersebut tidak konsisten dalam jadwal pengangkutan dan jenis sampah yang diangkut. 

Lain lagi cerita dari Bella yang merupakan perwakilan dari Akkar Juice Bar yang menceritakan tentang sampah terpilah dan dapat didaur ulang oleh Rapel.id. “Kalau ampas buah dan sayur, kami diberikan kepada petani untuk dikompos dan untuk peternakan maggot. Mereka akan meletakkan ember sebagai tempat sampah di toko kami, dan menukarnya lagi dengan yang kosong tiap ember sudah penuh.” lanjut Bella.

Tak kalah seru, Ika perwakilan dari Satvika Bhoga sudah memilah sampah anorganik dengan berlangganan ecoBali. “Buah atau sayuran yang tidak laku dikembalikan ke supplier, atau dibagikan ke masyarakat, atau dibagikan ke staf Satvika Bhoga untuk yang kondisinya masih layak konsumsi,” ungkapnya.

Sesi Forum Anggota dilanjutkan dengan berbagi kisah sukses penanganan sampah dari anggota. Rizki perwakilan dari Bono Coffee membagikan kisah tentang pelatihan penanganan sampah untuk staf-staf Bono Coffee yang diisi oleh pemilik Bono Coffee. Cerita lainnya juga datang dari Wina selaku perwakilan dari Kopte Sanur yang belum ada kerja sama penanganan sampah dengan pihak ketiga, tetapi staf sudah diajak untuk memilah sampah. 

Kabar dari Lampung, Studio Djajan Metro kini berfokus mengelola sampah organik dengan membudidayakan margot yang menjadi daya jual tambah bagi pengunjung warung. Selain itu, Studio Djajan Metro juga menanam padi dan sayur organik untuk kebutuhan warung. Dwi selaku pemilik Studio Djajan Metro menceritakan kalau dia harus membumikan konsep keberlanjutan untuk mendekati masyarakat. 

Acara forum anggota edisi penutup tahun 2022 ini dihadiri oleh 10 anggota yaitu, Kopte Sanur, Studio Djajan Metro, Kopi Delter, Kopincut Jakarta, Dapur Dif_able, Satvika Bhoga, Bono Coffee, Akkar Juice bar, Warung Lebur, dan Berbagi Kopi. Secara keseluruhan peserta memberikan skor 4.8/5 untuk pelaksanaan forum anggota yang artinya sudah sangat bagus. PlastikDetox berharap forum anggota kali ini dapat merefleksikan aktivitas yang telah anggota lalui sepanjang tahun 2022 dan membangkitkan kembali energi dan semangat pengurangan sampah tiap anggota.
 

Penulis: Sri Junantari 

Editor: Luh De Dwi Jayanthi 

 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News