coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

5 Inspirasi Rayakan Valentine yang Ramah Lingkungan

Posted February 13, 2023, 06:54 by Sri Junantari


Selamat hari Valentine. Yuk, sayangi diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Sumber: di sini

Katanya Februari itu bulan kasih sayang, tak hanya untuk sesama tapi untuk bumi juga bisa. Caranya dengan ikut memperingati hari peduli sampah nasional yang jatuh pada 21 Februari tiap tahunnya. Nah, berikut 5 inspirasi membagikan kasihmu kepada bumi dan yang kamu kasihi  dengan produk ramah lingkungan.

1. Hadiahkan tanaman dalam pot
 

Kaktus yang berbunga. Sumber: di sini
 

Kalau biasanya kamu menghadiahkan rangkaian bunga untuk pasanganmu, Valentine kali ini cobalah untuk memberikan tanaman yang sedang berbunga. Merawat bunga juga dapat menstabilkan emosi seseorang. Eh, bisa juga jadi modus dengan memintanya untuk bertanya cara perawatannya kepadamu. Agar hadiahmu ini makin ramah lingkungan, kamu dapat membeli pot tanaman yang terbuat dari serabut, buah kelapa utuh, bahkan dari bambu. Nah, agar makin manis, kamu bisa menambahkan pesan cinta yang ditulis di kertas hasil daur ulang dan diikat dengan tali rami. 
 

  1. Berikan coklat atau kue buatan rumahan
     

Kue kering dalam toples yang dapat di pakai ulang. Sumber: di sini

Alih-alih membeli coklat yang beredar di pasaran, kamu dapat membeli coklat atau kue buatan rumah. Lebih baik jika kamu membelinya dengan sistem pre-order. Sehingga, kamu bisa meminta penjual untuk mengemas pesananmu dengan kotak makan pakai ulang. Ketika mengirimkan hadiahmu, tambahkan ajakan untuk menggunakan ulang kotak makan tersebut hingga rusak.
 

  1. Makan malam di restoran atau kafe
     

Makan malam bersama yang terkasih. Sumber: di sini

Kamu dapat menutup Valentine dengan makan malam bersama orang-orang yang terkasih. Cobalah untuk berkumpul bersama di restoran atau kafe yang sudah menerapkan prinsip minim plastik. Kamu bisa bertukar kado juga lho. Siapkanlah kado yang merupakan barang-barang bagus di rumahmu tetapi sudah tak kamu perlukan. Nah, kalau kamu bingung mencari restoran atau kafe yang minim plastik, kami merekomendasikan salah satu dari daftar ini.

 

  1. Berikan kado berupa barang personal care 
     

Salah satu cara membungkus kado tanpa isolasi. Sumber: di sini

Kamu dapat menghadiahkan perlengkapan diri seperti sampo atau sabun yang menggunakan bahan-bahan alami. Kamu juga dapat memberikan hadiah berupa barang-barang yang dapat dipakai ulang. Bungkuslah hadiah dengan cantik menggunakan kain, koran, atau pun kertas bekas. Kamu dapat mengikat bungkusan hadiahmu dengan menggunakan tali triangle atau pita. Nah, untuk mencegah penggunaan isolasi yang berlebihan, kamu dapat mengemas hadiahmu dengan teknik furoshiki. Kamu dapat membeli produk-produk personal care ini di Bali Refill Station atau di Isi Ulang Bali.

 

  1. Ikut kegiatan kerelawanan bersama pasanganmu
     

Relawan PlastikDetox sedang mengikuti outing relawan pada akhir 2022. Sumber: © PlastikDetox

Kamu juga bisa merayakan Valentine dengan menjadi relawan di sebuah kegiatan lingkungan. Selain menebar kebaikan untuk bumi dan sesama, kegiatan ini dapat mempererat hubungan dengan yang terkasih. Ada banyak jenis kegiatan yang bisa kamu pilih yaitu membersihkan sampah di sungai bersama Sungai Watch atau bersih-bersih pantai bersama Trashhero Indonesia, dan adopsi coral atau pohon mangrove bersama Eco Tourism Bali. Kamu bersama pasanganmu juga bisa menjadi relawan PlastikDetox dan mendukung gerakan PlastikDetox dengan berdonasi. Intip keseruan relawan PlastikDetox di sini. Tunggu apa lagi? Ayo bagikan cintamu kepada bumi dan orang-orang yang membutuhkan.

 

Terlepas dari kegiatan apa pun yang kamu lakukan untuk merayakan Valentine. Ingatlah bahwa kamu melakukannya bersama-sama dan dengan penuh cinta. Terakhir yang terpenting, tebarkanlah cinta untuk sesama, makhluk lain, dan untuk lingkungan bukan hanya ketika Valentine, tetapi setiap hari.

 

Penulis: Sri Junantari

Penyunting: Dwi Jayanthi


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News