coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Belajar Sambil Seru-Seruan di Outing Relawan

Posted February 6, 2023, 01:50 by Sri Junantari


Para relawan tengah berfoto bersama di sela-sela outing relawan. Sumber: © PlastikDetox

Minggu, 11 Desember 2022 adalah hari yang sudah kunanti-nantikan. Walau aku bangun masih dengan rasa kantuk, tetapi aku tetap bersemangat. Hari ini adalah hari outing relawan PlastikDetox. Kegiatan ini adalah bentuk apresiasi PlastikDetox kepada relawan-relawan yang telah membantu terlaksananya program kerja sepanjang 2022.  Selain itu, kegiatan ini bertujuan mempererat tali kasih yang terjalin sesama tim PlastikDetox. Aku belum pernah bertemu dengan rekan relawan lain secara langsung. Selama ini, kami  lebih banyak berkontribusi lewat daring. Aku senang sekali, akhirnya aku bisa bertatap muka langsung dengan teman-teman relawan yang lainnya.

Aku berangkat 30 menit sebelum waktu yang disepakati menuju lokasi acara yang sudah dipilih. Tahun ini, kami berkunjung ke Subak Sembung, salah satu ekowisata yang terletak di daerah Peguyangan, Denpasar Utara. Sejujurnya, rumahku sangat dekat dengan lokasi ini, tetapi aku sendiri jarang keluar rumah, sehingga aku belum pernah singgah ke ekowisata yang ternyata sangat menarik. Sesuai rencana, kami berkumpul di parkir 2 ekowisata Subak Sembung. Sambil menunggu teman-teman lainnya datang, aku berkenalan dan berbincang-bincang dengan relawan-relawan lain yang juga tiba lebih awal.

Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, kami mulai berjalan menyusuri Subak Sembung. Ternyata subak ini mengembangkan budidaya maggot dan ikan lele, serta terdapat penangkaran Jalak Bali. Dalam hati, aku jadi terkesima dengan pembangunan-pembangunan yang mendukung kelestarian seperti ini. 

Pertama, kami berkunjung dan belajar dari budidaya maggot. Lalu, kami melanjutkan perjalanan ke penangkaran jalak Bali. Dalam perjalanan menuju penangkaran Jalak Bali, kami disuguhkan pemandangan kolam lele yang rutin digunakan sebagai tempat lomba memancing. Sepanjang perjalanan, kami dipandu oleh Pekaseh Subak Sembung. Kami juga belajar tentang pertanian organik yang tengah dikembangkan di Subak Sembung, mulai dari sayur mayur hingga padi organik.

Perjalanan tracking subak pun tak lepas dari canda dan tawa. Walau aku baru bertemu mereka pertama kalinya, aku bisa melihat teman-teman relawan PlastikDetox sangatlah ramah dan baik. Kami menyusuri jalan sambil berfoto sebelum akhirnya beristirahat di warung milik oleh pemandu wisata  kami. Di sana, kami melepas penat sembari minum es jeruk, makan pisang goreng, dan membuat video promosi untuk perekrutan relawan pada tahun 2023.

Setelah puas beristirahat, kami melanjutkan perjalanan menuju Berbagi Ruang dan Kopi untuk melanjutkan acara internal kami. Kalau tracking di Subak Sembung sudah sangat seru, bagiku acara di Berbagi Ruang dan Kopi ternyata jauh lebih seru. Kami makan siang dengan makanan yang sedap yang disajikan oleh Berbagi Ruang dan Kopi. 

Seusai makan siang, kami melanjutkan sesi keakraban dengan mengikuti permainan yang telah disiapkan dan dipandu oleh Dewa Santika. Permainan-permainan yang dimainkan pun sangat seru mulai dari tebak lagu, susun lirik, hingga kuis tentang PlastikDetox. Kami tertawa terbahak-bahak, kadang karena kami tidak tahu jawabannya atau karena jawaban kami salah. Sesi keakraban antar relawan ditutup dengan acara tukar kado yang telah kami siapkan. Uniknya kami harus membawa barang yang sudah kami miliki tetapi ingin kami berikan untuk relawan lain. Kado juga harus dibungkus dengan koran, kertas bekas, ataupun kain yang telah kami miliki tetapi tidak dipergunakan lagi. Sebuah penerapan dari konsep pakai ulang yang bijak. Acara hari itu, ditutup dengan tiap relawan menuliskan kesan dan pesan untuk relawan lainnya di kertas bekas yang telah disediakan.

Sekitar pukul 2 siang, acara outing berakhir. Setelah membereskan barang, kami pun pulang ke tempat masing-masing. Senangnya hari ini! Rasa kantuk karena harus bangun pagi pun terbayarkan dengan kegiatan yang tidak hanya seru tetapi bermanfaat. Aku bahkan mendapat hadiah buku dari hasil tukar kado! Eits, tetapi lebih dari sekadar mendapat kado, sebenarnya aku senang sekali berkumpul dengan teman-teman baru, belajar hal baru, dan berbagi keceriaan dengan relawan lain di PlastikDetox. Semoga outing relawan akan terus terasa menyenangkan seperti ini. Semoga PlastikDetox tetap menjadi tempat relawan berkembang dan menginspirasi banyak orang lainnya.

Penulis: Raisya Shifra
 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News