coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Tim PlastikDetox Pertajam Jiwa Kepemimpinan Anak Muda Lewat Orientasi Relawan

Posted March 4, 2023, 06:51 by Sri Junantari

Para calon relawan tengah berfoto bersama di sela-sela acara Orientasi Relawan, Sabtu (25/2). Sumber: © PlastikDetox
 

Bisakah kita membuat dunia yang kita pijaki ini menjadi tempat yang lebih baik? dan bisakah kita berkontribusi untuk lingkungan dalam memerangi sampah plastik? Pertanyaan ini sekiranya menjadi momentum yang istimewa pada kegiatan Orientasi Calon Relawan PlastikDetox Batch 5 yaitu pada Sabtu, 25 Februari 2023 karena pada kesempatan ini belasan anak muda diberikan kesempatan untuk mengenal lebih dalam PlastikDetox dan belajar dengan berbalut serangkaian aktivitas bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam jiwa kepemimpinan para calon relawan, mengembangkan pengetahuan dan daya berpikir kritis tentang lingkungan, serta memahami prinsip keadilan lingkungan. 

Saat Orientasi berlangsung, peserta dikenalkan pada tiga pembahasan inti yaitu Brain, Beauty, dan Beeline. Pertama, Brain berupa kegiatan yang berisi pengetahuan tentang prinsip dasar PlastikDetox. Dalam kegiatan ini, peserta diajak mengenal lebih dalam tentang PlastikDetox dengan membahas  studi kasus bertemakan penggunaan plastik sekali pakai di kalangan usaha kecil. Uniknya, peserta memberikan solusi studi kasus tersebut dalam bentuk role play. Melalui kegiatan ini, peserta memahami bahwa penggunaan kemasan dalam usaha sebaiknya dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak khususnya lingkungan dan mendapatkan pemahaman tentang keadilan lingkungan. Dalam pembahasan kedua bertajuk Beauty, peserta dilibatkan dalam kegiatan yang dapat meningkatkan pengembangan diri sebagai seorang pemimpin. Pada kegiatan ini, peserta dihadapkan pada aktivitas diskusi dalam memecahkan permasalahan yang sering terjadi dalam organisasi. Terakhir, pembahasan ketiga yaitu Beeline berupa kontribusi strategis terhadap organisasi. Beeline merupakan gerakan yang diperhitungkan untuk mencapai tujuan kolektif. Di sesi ini peserta dihadapkan pada aktivitas games yang menyenangkan sekaligus pengambilan keputusan dalam organisasi. 

 

Kegiatan berlangsung cepat dan menyenangkan karena di sela-sela sesi juga diselingi dengan games-games yang seru dan menciptakan keakraban relawan dan tim Plastix Detox. Selain itu, para relawan juga mendapatkan kesempatan untuk mengetahui perjalanan 10 tahun PlastikDetox, tim di balik layar PlastikDetox,  peran setiap divisi, program-program, hingga pencapaian-pencapaian PlastikDetox. 

 

Kegiatan Orientasi Relawan PlastikDetox Batch 5 ini adalah sebuah momentum yang istimewa untuk meyakini bahwa harapan untuk lingkungan yang lebih baik itu nyata adanya dengan peran dan kontribusi aktif kita semua.  Menjadi peserta dalam kegiatan Orientasi Relawan Batch 5 ini adalah salah satu kesempatan baik dan menyenangkan bagi saya. Melalui kegiatan Orientasi Relawan saya dapat belajar banyak hal dan bertemu dengan teman-teman yang memiliki semangat untuk lingkungan yang lebih baik. Permasalahan plastik saat ini dapat kita hadapi bersama dengan mencetak generasi muda yang memiliki semangat belajar, semangat kebersamaan, dan kepedulian terhadap lingkungan. 

 

Penulis: Dewa Ayu Agung Utami Sawitri

Penyunting: Anna Sutanto

 

Profil penulis: Halo nama aku Utami, mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komunikasi yang ingin belajar tentang isu-isu lingkungan dan berkontribusi untuk lingkungan yang lebih baik. Selain itu, Utami menyukai konten tentang self growth dan self improvement. Saat ini sedang memperbaiki kebiasaan dan ingin menjadi orang yang bisa mengatur waktu dengan baik.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News