coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Hadiah Minim Sampah Untuk Hari Raya yang Penuh Berkah

Posted May 8, 2023, 06:25 by Sri Junantari



Hampers dikemas dengan minim plastik sekali pakai, dengan wadah berupa kotak kayu yang dapat dipakai ulang. Sumber: Sisternet.co.id

Hari raya tentu jadi momen berharga untuk bertukar kebaikan dan kebahagiaan. Bagi saya pribadi, momen-momen hari raya sangatlah istimewa. Kita bisa berkumpul dengan orang yang terkasih dan saling berbagi keceriaan bersama. Walaupun begitu, hari raya juga salah satu hari yang super sibuk dan hectic. Tentunya pikiran kita mulai dipenuhi dengan berbagai pertanyaan, salah satunya, “Mau ngasih hampers apa, ya?” Saking padatnya persiapan menjelang hari raya, kita bisa jadi kehabisan ide dan malah kebingungan mau memberikan apa.

Beberapa minggu yang lalu, saat saya sedang menyusun newsletter bulanan untuk PlastikDetox, saya menemukan website unik yang memberikan beberapa hadiah ramah lingkungan yang dapat diberikan kepada keluarga, kerabat, ataupun teman di Hari Ramadhan. Mulai dari perawatan kulit organik, alat olahraga, buku, sampai mainan kayu tertera di dalam list website tersebut. 

Hal ini menarik bagi saya, karena sebelumnya saya tidak pernah terpikirkan ide-ide unik tersebut untuk hadiah. Salah satu ide hadiah unik yang saya suka adalah kupon belanja. Alasannya bukan hanya karena saya suka belanja, namun karena ide hadiah ini sangat simple, praktis, dan juga zero waste. Kupon belanja dapat digunakan tanpa meninggalkan jejak sampah yang banyak. Orang-orang terkasih yang kita berikan juga tentu dapat menggunakannya untuk membeli apa yang mereka inginkan, sehingga hadiah akan lebih tepat guna.

Di tengah semarak hari raya, tak jarang kita mengabaikan hal penting ini. Saya pun mulai menyadari bahwa sesungguhnya ada banyak opsi hadiah yang tidak hanya baik bagi orang-orang yang kita sayang, namun juga baik bagi lingkungan. Walaupun kisah ini terdengar sederhana dan mungkin biasa saja, pengalaman saya menyusun newsletter membuat saya belajar hal-hal kecil yang menarik dan aplikatif.

 

Penulis: Raisya Shifra

Penyunting: Dwi Jayanthi 

Profil singkat: Raisya Shifra atau yang lebih sering dipanggil Raisya adalah seorang lulusan program studi ilmu komunikasi Universitas Airlangga. Berawal dari ketertarikannya pada isu lingkungan, Raisya berusaha belajar lebih banyak mengenai permasalahan lingkungan, termasuk plastik, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sukarelawan sejak mahasiswa. Saat ini, ia tengah menetap di Bali dan menyibukkan diri dengan kerja, magang, dan kegiatan volunteer lainnya.

 

Referensi:

https://myecosouk.com/blogs/blog/eco-friendly-gifting-ideas-for-this-ramadan-season 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News