coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Saatnya Menikmati Diskon dari Partner PlastikDetox

Posted May 8, 2023, 06:51 by Sri Junantari

Hi, Timpal PlastikDetox, kembali lagi bersama kami di newsletter Mei 2023 setelah libur lebaran. Sekali lagi, kami mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Bagi kalian yang toples Mo*de nya zonk berisi rengginang, kini kami ganti dengan promo menarik yang bikin tenang.

Nah, apa saja promo diskon yang diperoleh dari partner PlastikDetox.

 
  1. Urban Compost



Sumber: www.urbanbiologisbali.com

 

Jasa pengangkutan sampah organik tempat usaha dan rumah kemudian dijadikan kompos untuk tanaman kesayangan Anda.

Gratis 1 Bulan Service!

Bayar 2 bulan jasa angkut sampah organik untuk 3 bulan pertama.

Kunjungi: cara langganan Urban Compost

 
  1. EcoBali



Sumber: tangkapan layar Program Ini Bukan Sampah

 

Sampah Anda dibayar oleh EcoBali! 

Khusus pada Program Ini Bukan Sampah, sampah yang dihasilkan oleh anggota PlastikDetox bisa dijemput dan dijual ke EcoBali. Yuk cocokan jenis sampah yang bernilai jual dari tempat usaha Anda di sini.

Kunjungi: jenis-jenis sampah yang dibeli

 
  1. Greenie


Sumber: tangkapan layar Katalog Greenie

 

Anda sedang mencari kerajinan atau furniture non-kayu? Cobain deh produk dari pelepah pinang yang diproduksi oleh Greenie. Produknya menggunakan serat alami, tahan lama, rendah emisi, dan ramah lingkungan.

Setiap produk Greenie yang Anda beli, berarti telah mendukung keberlanjutan gerakan PlastikDetox.

Kunjungi: produk katalog Greenie

 

Spesial untuk anggota PlastikDetox yang ingin menikmati promo di atas, bisa hubungi Dwi Jayanthi 083114373647 (via Whatsapp chat).

 

Transisi Menuju Ekonomi Sirkular

 

Gambar di atas menunjukkan 4 (empat) jalur dalam mencapai ekonomi sirkular yaitu (1) batasi penggunaan, (2) pemakaian jangka panjang, (3) tanpa bahan berbahaya dan beracun, dan (4) pakai ulang. Sumber: The Circularity Gap Report 2023.

 

Beberapa aksi sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendukung transisi ekonomi sirkular dari rumah:

 
  1. Batasi Penggunaan

Saat ini, penggunaan material sangat tidak efisien dan tidak efektif; kita bisa kurangi dengan menggunakan lebih sedikit dan menghapus bahan bakar fosil secara bertahap.

Contoh: memilih menaiki sepeda dan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi menuju kafe anggota PlastikDetox.

 
  1. Pakai Jangka Panjang

Pemakaian material selama mungkin agar memberi umur panjang untuk suatu barang serta mengurangi potensi sampah yang dihasilkan. 

Contoh: gunakan tas belanja berbahan kain, sehingga mudah dicuci dan bisa digunakan berkali-kali saat take away makanan di anggota PlastikDetox. 

 
  1. Tanpa Bahan Berbahaya dan Beracun 

Ekonomi sirkular bertujuan untuk meniru siklus alami lingkungan dengan cara bergeser ke praktik pertanian yang lebih regeneratif.

Contoh: memilah sampah organik untuk pupuk kompos alami dan menyediakan tong sampah khusus limbah B3 untuk baterai, lampu dan lainnya.

 
  1. Pakai Ulang

Sangat dianjurkan untuk membeli produk dengan kualitas tinggi agar bisa dipakai ulang dengan jangka panjang.

Contoh: pakai kotak makan berlabel PP (angka 5) yang kuat, tebal dan tahan panas sehingga aman bagi kesehatan dan tahan lama. 

 

Selengkapnya bisa baca : The Circularity Gap Report 2023 

 

Peran Pelaku Usaha dalam Transisi Iklim

 

Ada 5 (lima) aspek yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha dalam mengambil peran untuk transisi pemanfaatan sumber daya alam untuk bisnis mereka meliputi: landasan, implementasi strategi, keterlibatan strategi, metrik dan target, dan tata kelola

 

Pelaku usaha perlu membangun pengetahuan tentang bagaimana seluruh bisnis model dapat berdampak, ketergantungan pada sumber tertentu, dan berbagi risiko dan peluang yang terkait dengan alam. Ini termasuk memprioritas ekosistem, melindungi daratan dan lautan, mengurangi polutan, dan menghilangkan sampah plastik.

 

Temui lebih dalam di sini:

https://www.wwf.org.uk/sites/default/files/2023-02/WWF_Nature_In_Transition_Plans_Feb23.pdf

 

Terbaru dari Website PlastikDetox

Kabar dari Pura Agung Besakih

Penulis: Inthania Indah Meliana

Fakta positif yang ditemukan selama relawan PlastikDetox bertugas di lapangan yaitu hampir sebagian besar para pemedek dan pengunjung di area keberangkatan menuju Margi Agung saat itu sudah menerapkan peraturan yang ditetapkan pemerintah mengenai larangan penggunaan plastik sekali pakai. Namun, masih ada yang belum berjalan dengan baik, apa saja itu?

Ayo kita baca pengalaman relawan di sini

Hadiah Minim Sampah Untuk Hari Raya yang Penuh Berkah

Penulis: Raisya Shifra

Hari raya tentu jadi momen berharga untuk bertukar kebaikan dan kebahagiaan. Tentunya pikiran kita mulai dipenuhi dengan berbagai pertanyaan, salah satunya, “Mau ngasih hampers apa, ya?” Saking padatnya persiapan menjelang hari raya, kita bisa jadi kehabisan ide dan malah kebingungan mau memberikan apa.

 

Foto Pilihan Editor

Udara dingin pagi menusuk kulit seakan kandas dengan rasa hangat melihat pemedek disabilitas di Pura Agung Besakih. Selain berupaya dalam mengurangi sampah plastik, pengurus pura juga sudah memberikan kesempatan pemedek berkursi roda punya akses untuk tangkil. Inilah wujud nyata dari Tri Hita Karana. Sumber: © Dwi Jayanthi

Sekian newsletter edisi Mei 2023. Sampai jumpa di edisi selanjutnya ya. 

 

Salam hangat,

Dwi Jayanthi

Manajer PlastikDetox


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News