coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Pilih Bahan Makanan Sehat Bersama Satvika Bhoga

Posted April 18, 2018, 08:49 by Okky Sari


Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya. Tidak hanya sekedar mengenyangkan perut, tapi juga harus memerhatikan nilai gizi yang diperlukan untuk tubuh. Setiap orang memiliki makanan favoritnya. Anda bisa membeli makanan di luar atau memasak sendiri di rumah. Bagaimana dengan anda? 

Sudahkah anda tahu mengenai makanan organik yang dapat menjamin kebutuhan gizi sehari-hari? Makanan organik berasal dari tanaman tanpa campuran residu, baik berupa pupuk kimia maupun pestisida. Selain itu, kualitas air untuk menumbuhkan tanaman tersebut juga tidak tercemar oleh senyawa apapun. 

Jika ingin mengonsumsi makanan organik dan hendak memasak sendiri di rumah, maka anda membutuhkan bahan-bahannya. Di Sanur anda dapat berkunjung ke Satvika Bhoga, sebuah toko yang menyediakan bahan pangan lokal yang sehat tanpa bahan pengawet. Satvika Bhoga sudah beroperasi sejak tahun 2011, bekerjasama dengan petani lokal, produsen ibu rumah tangga dan pengepul telur ayam lepas untuk menyediakan produk organik di tokonya. Pelanggan dari Satvika Bhoga pun bervariasi mulai dari anak berkebutuhan khusus, ibu hamil dan pejuang kanker. Selain itu ada juga warga negara asing yang memang sudah menetap lama di Bali. 

Hira Jhamtani bersama suaminya mengelola Satvika Bhoga bersama-sama. Bermula dari gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan dari bahan organik, maka Hira dan suaminya menyalurkan gaya hidupnya dengan mendirikan bisnis ini. Tidak hanya menjual bahan makanan organik saja, Hira juga memberikan edukasi kepada pegawainya untuk menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Masyarakat pada umumnya menganggap bahwa makanan organik hanya makanan orang asing dan perlu biaya yang tinggi. Pada kenyataannya tidak semahal yang dibayangkan. Hira menjelaskan bahwa makanan sehat memang harganya relatif lebih tinggi, tapi dibandingkan dengan memilih makanan secara sembarangan justru biaya ke dokter jauh lebih tinggi. 
Ada cerita menarik dari Hira tentang seorang pelanggan yang merupakan seorang pejuang kanker. Awal berkunjung ke Satvika Bhoga, wajah pelanggan tersebut nampak lesu dan bahkan membutuhkan bantuan untuk berjalan. Hira membantu untuk memberi saran mengenai pola makan yang baik dan bahan makanan yang sehat untuk membantu pemulihan pelanggan tersebut dari penyakit kanker. Kini pelanggannya itu sudah bisa datang dengan menyetir mobilnya sendiri dan senyum dari wajahnya.

Melalui pengalaman tersebut, diketahui bahwa pola makan dan bahan makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh bagi kesehatan tubuh. Selain itu, penting juga untuk menjaga lingkungan karena pada zaman sekarang sudah banyak tanah dan air yang tercemar. Hal ini memengaruhi kualitas dari bahan pangan yang ditanam seperti buah dan sayuran. Maka dari itu, Hira juga mengambil kontribusi untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dalam menjalankan bisnis di Satvika Bhoga. 

Penulis : Purwaningdyah Ayu Saraswati
Universitas Atmajaya Yogyakarta

Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News