coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

5 Tempat Nongkrong Asyik di Bandung

Posted May 18, 2021, 12:42 by Sri Junantari with tags bandung cafe coffeeshop grocery store tempat nongkrong

Musat bergabung menjadi anggota PlastikDetox.

Bandung berkembang dengan sangat pesat, begitupun tempat nongkrongnya. Jika biasanya kamu ke Bandung dan hanya mengunjungi kedai kopi yang terletak di Jalan Braga. Ini adalah saat yang tepat untuk mengubah jalur tempat kongkomu. Berikut ini 5 rekomendasi tempat nongkrong yang asyik, estetik dan minim plastik versi PlastikDetox.

Saat ini di Bandung sudah banyak bermunculan kafe-kafe estetik yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Panganan yang disajikanpun tak melulu hanya es kopi saja. Tak hanya instagramable, tempat-tempat berikut juga terus berusaha mengurangi penggunaan plastik sekali pakai loh. Meski di tengah pandemi, kamu bisa tetap aman nongkrong dengan mematuhi protokol kesehatan ya. Coba ajak teman-temanmu berkunjung ke tempat-tempat berikut, dijamin kalian akan merasakan sensasi nongkrong yang berbeda

1. Banyakin Ngopi, Minimalkan Sampah di WorkCoffee
Ketika kamu masuk ke dalam Work Coffee Mikro Shop, kamu harus perhatikan atapnya. Iya, kamu tidak salah lihat, Work Coffee memasang panel surya loh. Meski belum cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk operasional keseluruhan. Sebuah langkah awal yang patut diapresiasi. Keren pisan euy!
Suasana dan cuplikan menu di Work Coffee Mikro Shop
Suasana dan cuplikan menu di Work Coffee Mikro Shop

Begitu masuk ke dalam kedai kamu akan menjumpai banyak kutipan yang bertemakan pencegahan sampah dan penghematan energi. Kamu bisa cicipi beraneka minuman mulai dari kopi hingga teh, yang rasanya dijamin menggetarkan jiwa dari tetes pertama. Makanan yang disajikan pun menggoyangkan lidah sejak gigitan pertama. Apapun yang kamu pesan, akan disajikan dengan 0% plastik loh. Nah, kamu bisa intip menu dari Work Coffee di sini .
Yuk ajak teman-temanmu untuk nongkrong di Work Coffee. Work Coffee Mikro Shop ini berlokasi di Jl. Ternate No.10. Ikuti juga Instagram Workcofee di @workcoffeeindonesia. Mereka juga sering bikin live Instagram yang sayang banget untuk kamu lewatkan begitu saja.
 
 2. Cobain Menu Vegetarian atau Vegan di GoodBelly Bandung
Ketika melewati Jalan L. L. R.E. Martadinata No.22, kamu akan menemukan sebuah toko yang dindingnya bernuansa hitam. Cobalah berkunjung ke sana, kamu akan dimanjakan dengan beraneka ragam menu vegeratian atau vegan.
Menggiurkan bukan? Yakin gak mau mampir ke GoodBelly?
Ini baru sekilas menu di GoodBelly. Yakin kamu tak kan tergiur?
 
Menu andalan di GoodBelly adalah burger. Jadi, kamu tidak perlu sampai ke Bikini Bottom untuk merasakan kenikmatan burger. Selain burger, vegan jar cake juga jadi menu yang selalu ditunggu-tunggu oleh pelanggan GoodBelly. Kamu dapat memesan kombucha yang menyegarkan dan kaya probiotik untuk menemani kamu makan burger. Sering-sering cek Instagram Goodbelly @goodbelly.bdg , biar kamu tidak ketinggalan promo-promo menarik dari mereka.
 
 3. Nikmati Kopi yang Diseduh dengan Sepenuh Hati di Sepenuhati Coffee Kiosk
Ketika  mampir ke Sepenuhati Coffee Kiosk, hanya ada satu kata yang dapat mewakili suasanya: unik. Bayangkan saja kamu dapat melihat roda di bawah kios, seolah dapat bergerak sesuka hati. Lalu, ada pohon Tabebuya kuning dan pepohonan lain yang merindangi kios. Katanya sih pohon-pohon tersebut adalah donasi. Kini kamu juga dapat menemukan pot pohon Rosella dipinggir kios. Suasananya juga memberi kesan vintage ala-ala luar negeri yang menawan. Kalau kamu foto-foto di sini, pastinya bakal banyak yang suka.
Mau menikmati kopi ditemani jajanan pasar? Sepenuhati tempatnya.
Mau ngopi sekaligus menikmati jajanan pasar? Semua bisa di Sepenuhati Coffee Kiosk

Kopi yang dijual di Sepenuhati dibuat secara manual loh. Kamu juga dapat menjajal jajanan pasar di Sepenuhati.  Mau membawa pulang kopi? Kamu bisa memesan sebotol kopi berukuran 250 mL. Kalau kamu gunakan kembali botol tersebut untuk diisi ulang pada Senin, kamu akan mendapat potongan harga sebesar Rp5.000. Eits, kopi yang diseduh Sepenuhati memang kaya rasa dan kopi khas nusantara.
Sepenuhati beralamat di Jalan Serayu No.3 Bandung. Yakin takkan menyesal jika kamu tidak pernah nongkrong di Sepenuhati? Lihat lebih banyak tentang Sepenuhati di Instagram @sepenuhati.coffeekiosk.
 
 4. Pilih yang Baik Versi Musat
Begitu sampai di Jalan Cilaki No.45, Bandung kamu akan menemukan sebuah tempat yang kesannya vintage tetapi ternyata juga cukup industrial. Kamu juga dapat menemukan seekor anjing yang mudah ngantuk dan anjing-anjing menggemaskan yang akan menyambutmu di depan Musat. Di area luar, banyak terdapat pepohonan yang membuat adem dan cocok untuk neduh. Kamu juga akan dihibur oleh musik vintage yang sopan banget masuk ke telingamu.
Mau ngopi sambil nongkrongin anjing-anjing yang menggemaskan ini? Yuk ke Musat!
Mau ngopi sambil bercengkarama dengan anjing-anjing lucu ini? Datang saja ke Musat.
 
Kamu bisa pesan beraneka minuman mulai dari kopi hingga es chocolate. Setelah usai minum, kamu harus mengembalikan gelas bekas minumanmu ke rak yang sudah disediakan. Kamu bisa pesan pastry juga sebagai teman minummu. Kalau kamu membawa botol minum sendiri kamu akan mendapatkan rabat sebesar 20% lho. Lumayan kan?
Kedai kopi yang satu ini terus mengajak pelanggannya untuk memilih yang baik. Mereka juga suka berkolaborasi dengan komunitas-komunitas peduli lingkungan untuk mengadakan suatu acara. Biar tidak ketinggalan acara menarik dari Musat, ikuti @memusat di Instagram ya.
 
 5. Nongkrong dengan Kesan Rumah Sendiri Ala Winardi
Kamu ingin ngopi sore dengan kesan rumahan tetapi sedang malas di rumah? Nah, Winardi adalah jawabannya. Kedai kopi ini berlokasi di Jalan Reog 4 Nomor 4. Begitu sampai kamu akan disambut dengan penampakan teras yang dipenuhi tanaman. Ketika masuk kamu akan disambut lalu lalang beberapa kucing.
Mau ngopi sore ala rumahan ditemani kucing yang berlalu-lalang? Coba aja datang ke Winardi.
Mau ngopi sore ditemani kucing-kucing yang berlalu lalang? Sudah pasti Winardi tempatnya.

Kamu bisa memilih nongkrong di ruang tamu dengan meja barnya atau di teras rumah yang menghadap jalanan. Kamu wajib banget cobain black forest yang jadi menu andalan Winardi. Mau pesan kopi literan juga ada loh. Sering-sering cek Instagram mereka di @wimwinardi ya.
 
Nah, kalau warga Bandung mau membeli bahan makanan, kami juga punya rekomendasinya. Cobain deh berbelanja di Belibu Fresh Mart. Belibu Fresh Mart menjual produk-produk organik dari petani lokal. Senangnya lagi, Belibu akan mengemas pesananmu dengan minim plastik sekali pakai. Pesananmu akan diantar dari Jalan Reog/10 Bandung.
Mau beli bakso, sambal hingga beras semua bisa dibeli di Belibu Fresh Mart.
 
Kamu dapat melihat katalog produk Belibu di www.belibufreshmart.co.id . Oia, kamu juga melihat promo-promo menarik dari Belibu di Instagram @belibufreshmart. Ayo ikuti Instagram mereka, biar kamu tidak kelewatan menu-menu kuliner yang menggugah selera.

Lain lagi kalau teman-teman wargi Bandung mau belajar berkebun organik dan mengompos. Kami juga punya rekomendasi yang keren, yaitu @backyardplastavfall. Di Back Yard Plastavfall, kamu juga bisa berbelanja produk sayur mayur yang segar sekali. Uniknya, sayur-mayur yang dijual disesuaikan berdarkan musim panennya.
Kamu mau membeli sayur-mayur dari hasil perkebunan di belakang rumah? Yuk pesan di Back Yard Plastavfall
 
Kamu tinggal duduk manis di rumah, pesan dari aplikasi WAmu dan pesananmu akan dikirim ke rumahmu. Satu yang pasti, mereka berusaha mengemas pesananmu dengan minim plastik sekali pakai loh. Back Yard Plastavfall juga menganjurkan pelanggan untuk menggunakna kemasan mereka berulang kali hingga tak dapat lagi digunakan. Oia, mereka juga berternak binatang yang dapat menjadi komposter alami loh. Keren kan ya? Yuk, bertandang ke Back Yard Plastavfall!

Kamu punya rekomendasi tempat nongkrong yang lain? Yuk bagikan di kolom komentar!

Penulis: Sri Junantari (Relawan PlastikDetox)

Baca juga: 5 Toko Penjual Produk Lokal Menu Berbuka Puasa

Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News