coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Newsletter PlastikDetox Edisi Februari 2022

Posted February 16, 2022, 02:05 by Sri Junantari

Di newsletter edisi Februari 2022, kami membagikan informasi tentang tips promosi tanpa berjualan, peraturan untuk menangkal greenwashing, perkenalan dengan Isi Ulang Bali, dan yuk, donasi untuk PlastikDetox.

Hai, Timpal PlastikDetox. Semoga semua dalam keadaan sehat.

Selamat datang di newsletter PlastikDetox edisi Februari 2022. Tim PlastikDetox akan membagikan sorotan terkait isu bisnis berkelanjutan dan isu perplastikan terkini.
 

Apakah peraturan hukum di Indonesia sudah cukup jitu untuk menangkal greenwashing?

 


Beberapa waktu lalu, perusahaan kosmetik Korea, Innisfree mendadak viral di media sosial, setelah mereka meluncurkan produk dengan menggunakan klaim “Hello, I’m Paper Bottle”. Namun, kenyataannya produk tersebut menggunakan botol plastik yang dilapisi oleh kertas di bagian luar. Kemarahan warganet makin menjadi setelah perusahaan memberikan tanggapan defensif. Warganet merasa perusahaan tersebut memanfaatkan mereka yang ingin mengurangi dampak berbahaya bagi lingkungan dengan pemasaran yang menyesatkan. 

Nah, kejadian di atas adalah salah satu contoh greenwashing. Greenwashing dianggap sebagai aktivitas menyesatkan oleh perusahaan melalui klaim bahwa produknya ramah lingkungan, meski faktanya belum tentu demikian. Sebenarnya di Indonesia sudah tersedia beberapa peraturan untuk menangkal aksi “nakal” perusahaan. Sayangnya peraturan-peraturan tersebut belum memadai. 

Cari tahu peraturan-peraturan tersebut >>>

 

Tips Promosi Tanpa Berjualan

Pernahkah kamu berjalan-jalan di Mall, lalu didekati oleh Mbak/Mas yang membawa selebaran? Apa yang kamu lakukan? Kebanyakan orang akan menghindar dan menolak mereka bukan? Kenapa ya? Ternyata manusia itu suka Belanja, tetapi tidak suka Dijualin. Lalu, bagaimana mengaplikasikan kenyataan ini ketika berjualan di media sosial? Berikut jenis konten yang dapat kamu unggah di media sosial.

  1. Konten Edukatif

Mengedukasi pelanggan berarti membagikan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki oleh pelaku usaha. Cobalah untuk membuat konten jenis-jenis suatu produk, atau alasan untuk memilih jenis produk tertentu.

  1. Konten Inspiratif 

Pelanggan membutuhkan inspirasi agar mereka tertarik membeli barang. Kamu dapat menyajikan konten tips dan trik, testimoni suatu produk, perjalanan bisnismu hingga hadirnya suatu produk.

  1. Konten Entertaining

Ingatlah pelanggan juga memerlukan hiburan. Kamu dapat membuat konten hiburan yang berkaitan dengan produk yang kamu jual, seperti meme, twit, atau video lucu.

  1. Konten Interaksi

Jangan hanya berjualan, cobalah untuk mengobrol dengan pelanggan. Kamu bisa menggunakan IG Story atau Live atau di kolom komentar. Kamu bisa memulai berbagai topik dengan memanfaatkan fitur QnA, Polling, atau Kuis.

  1. Konten Promosi

Konten promosi menjadi sangat menarik bagi pelanggan karena mereka suka dapat sesuatu yang menguntungkan. Ingat sesuaikan dengan citra media sosialmu juga, ya.

 

Kenalan dengan Anggota PlastikDetox

 

Yuk, kenalan dengan Isi Ulang Bali Refill Station! Isi ulang Bali Refill Station menyediakan produk isi ulang kebutuhan rumahmu, mulai dari sabun, detergen, hingga disinfektan. Kamu cukup membeli produknya tanpa kemasan! Ikuti Instagram Isi Ulang Bali Refill Station untuk memperoleh informasi terbaru dari mereka.

 

Kedepannya, kami akan terus memuat profil anggota PlastikDetox. Nantikan giliran usahamu untuk disorot, ya.

Terbaru dari tim PlastikDetox

Anna Sutanto, Cofounder PlastikDetox

Resolusi dibuat harian, mingguan dan bulanan. Sebisa mungkin mengurangi pencemaran oksigen dan air melalui dalam keseharian. Keduanya yang paling mudah dipahami banyak orang dan siapa sih yang ga butuh oksigen dan air?

  • Segera diluncurkan! Donasi untuk PlastikDetox

Kami berterima kasih pada teman-teman semua yang sudah mendukung dan menyertai perjalanan PlastikDetox selama ini. Dengan semakin bertambahnya anggota dan lokasi yang bergerak bersama PlastikDetox untuk pengurangan sampah, kami semakin membutuhkan dukungan kalian. Dalam waktu dekat, PlastikDetox akan meluncurkan platform resmi untuk berdonasi. Tunggu kabar dari kami, ya!

 

Acara yang Akan Datang:

  • Donasi artikel untuk website PlastikDetox. Daftarkan tulisanmu dengan tema pengurangan plastik sekali pakai di usahamu atau resolusi pengurangan plastik sekali pakaimu di sini.

  • Webinar gratis dengan topik Cara Meningkatkan 10.000 Follower dengan Metode Organik. Daftarkan dirimu di sini.

 

Nantikan hasil kurasi isu-isu dan tips-tips terkini dari tim PlastikDetox yang akan dikirim tiap awal bulan. Bantu kami menyempurnakan newsletter ini dengan memberi masukan di sini. Sampai jumpa di newsletter selanjutnya ya.

 

Salam hangat,

Tim PlastikDetox. 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News