coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

3 Rekomendasi Pengganti Kantong Plastik

Posted May 24, 2023, 02:37 by Sri Junantari



Seseorang sedang memangku buah dan sayur dalam tas kain. Buah dan sayur tersebut tidak dikemas dengan plastik sekali pakai. Sumber gambar: Foto bebas hak cipta dari Canva.

 

Berbelanja adalah salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, berbelanja juga menimbulkan masalah sampah terutama kantong plastik. Kini berbagai upaya tengah digalakkan untuk mengatasi masalah sampah kantong plastik.

Pemerintah Bali misalnya berusaha mengurangi penggunaan kantong plastik dengan menerbitkan Pergub Bali No. 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Namun, punya peraturan saja tidak akan cukup membendung timbulan sampah kantong plastik. Kita perlu meminimalisir penggunaan kantong plastik, agar kita bisa belanja yang nyaman tetapi lingkungan tetap aman. 

 

Berikut 3 pengganti kantong plastik yang kami rekomendasikan.

 

1. Tote Bag Katun atau Kanvas

Tote bag katun atau kanvas adalah salah satu solusi yang baik untuk menggantikan kantong plastik. Tote bag berbahan katun atau kanvas terkenal sama kuatnya dengan kantong plastik.  Selain itu, tote bag katun atau kanvas dapat dipakai berulang kali asalkan kita merawatnya dengan baik. Kini, harganya pun relatif terjangkau.

Sayangnya dalam proses pembuatannya tas katun atau pun kanvas memerlukan volume air dan energi yang besar. Oleh karena itu, hindarilah membeli tote bag baru setiap berbelanja. Kita harus menggunakan totebag yang kita punya berulang kali hingga rusak dan tak bisa diperbaiki.

 

2.Tas Belanja Lipat

Inovasi pengganti kantong plastik lainnya adalah tas belanja yang dapat dilipat. Kini, kita bisa menemukan berbagai bentuk tas belanja ini mulai dari bentuk balok hingga bentuk apel. Meski bentuknya lucu, bukan berarti kamu bisa menjadikannya koleksi dan pajangan di rumah, ya. Kita harus menggunakannya berulang kali agar impas dengan energi pembuatannya.

Tas ini memang didesain terlipat menjadi ukuran kecil bahkan dapat digunakan sebagai gantungan kunci. Ini sangat memudahkan untuk dibawa bepergian. Bentuknya yang mini juga akan memperkecil kemungkinan kita lupa membawa tas belanja pakai ulang ketika keluar rumah.

 

3. Tas dari Karung Goni

Karung goni termasuk bahan yang tahan lama, karena terbuat dari serat alami yang kuat. Akibatnya tas ini dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tas dari karung goni juga sangat kuat untuk menampung barang belanjaan dengan massa yang cukup berat.  

Kini, sudah ada banyak perajin yang memproduksi tas goni yang fashionable. Meski kini ada bahan goni lembaran, cobalah membeli tas karung goni dari bahan bekas karung goni. Bahan dasar goni yang dapat terurai di alam, bisa menjadi salah satu alternatif pengganti kantong plastik.

 

Nah, di atas adalah 3 alternatif pengganti kantong plastik yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Kita harus menjadikan penggunaan tas pakai ulang ini sebagai kebiasaan yang dapat diterapkan di sekolah, tempat kerja, kampus, pasar, bahkan di belahan bumi mana pun kita berada. Jika kita menerapkannya, kita tidak hanya menghemat uang tetapi juga berdampak baik bagi lingkungan. Sudahkah kamu senantiasa membawa tas kain ketika berbelanja?

 

Penulis    : Secelia A.P.Simanjuntak

Penyunting: Sri Junantari

Profil penulis: Halo, aku Secelia A. P. Simanjuntak, salah satu relawan di PlastikDetox yang bertugas dalam Relawan Menulis. Saya mahasiswa Ilmu Politik yang tertarik dengan isu lingkungan. Saat ini aktif menjadi sukarelawan agar bisa belajar dan menemukan banyak sudut pandang baru terhadap dunia.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News