coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

4 Tips Menjamu Tamu dengan Minim Plastik

Posted May 18, 2022, 03:27 by Sri Junantari

Ting tong.. wah ada tamu nih.


Sumber: © gahsoon via unsplash.com
Kita semua pasti pernah kedatangan tamu, entah yang memang kita undang atau sekedar datang menengok kita. Ada banyak hal lho yang bisa dilakukan untuk meminimalisir sampah terutama sampah plastik dari jamuan kita. Yuk disimak, berikut 4 tips menjamu tamu minim plastik

  1. Menggunakan toples atau piring kaca untuk makanan

Menjamu tamu dengan makanan memang sudah menjadi hal wajar di kehidupan kita. Tapi terkadang tanpa kita sadari, kita sering menggunakan tempat sekali pakai seperti piring plastik. Untuk mengurangi sampah plastik, kita bisa menggunakan toples atau piring kaca sebagai tempat makanan. Selain mengurangi sampah, tempat tersebut juga hemat karena kita tidak perlu membelinya berulang.

  1. Menggunakan alat makan yang dapat digunakan berulang 

Selain tempat makanan, alat makan juga dapat menjadi sumber sampah plastik lho. Terkadang kita menggunakan sendok dan garpu plastik. Padahal ini bisa menjadi sumber sampah plastik. Bayangkan saja, jika seseorang mengganti sendok dua hingga tiga kali dan jumlah tamu ada 5 orang maka minimal sudah ada 10 alat makan yang terbuang. Daripada menumpuk menjadi sampah, lebih baik kita gunakan alat makan yang dapat digunakan berulang seperti alat makan berbahan stainless steel. Alat makan ini tidak berakhir menjadi sampah dan dapat digunakan kembali untuk menjamu tamu selanjutnya setelah dicuci. 

  1. Mengurangi air minum dalam kemasan (AMDK)

Seringkali dalam menjamu tamu, kita memberikan air minum dalam kemasan dengan alasan praktis. Eitss! AMDK yang kita berikan akan berakhir menjadi sampah plastik. Lebih baik berikan air minum dari gelas kaca atau gelas yang dapat digunakan berulang. Hal itu tentu lebih ramah lingkungan. 

  1. Mengemas hampers dengan minim sampah plastik

Ketika tamu berpamitan pulang, biasanya kita memberikan sesuatu sebagai hampers. Nah, kita bisa mengemas hampers tersebut dengan menggunakan toples dan tas. Selain itu, kita juga bisa membungkusnya dengan kertas daur ulang yang dapat kita buat sendiri. Langkah ini terlihat sederhana namun jika dilakukan dapat mengurangi sampah plastik yang dihasilkan.

 

Itu tadi 4 tips menjamu tamu minim sampah plastik. Langkah-langkah di atas tampak sederhana namun jika dilakukan akan berdampak positif pada lingkungan. 

Penulis: Tasya Y. Christnantasari (Relawan PlastikDetox)

Penyunting: Dwi Jayanthi (Manajer PlastikDetox)

 

Tasya Christnantasari, biasa dipanggil Tasya. Tasya berasal dari Surabaya dan saat ini sedang terlibat dalam riset energi baru dan terbarukan.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News