coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Bottle Returning Cashback dari Akkar Juice Bar

Posted May 3, 2022, 06:54 by Sri Junantari


Kemasan botol kaca dari Akkar Juice Bar. Sumber foto: © Akkar Juice Bar

 

"Love the earth as you would love yourself - John Denver"

Pada tanggal 22 April 2022, kita merayakan hari bumi. Apakah kamu sudah mencintai bumi ini seperti kamu mencintai dirimu sendiri? Mencintai bumi dapat dilakukan banyak hal seperti menjaga bumi dari segala ancaman kerusakan, salah satunya adalah ancaman dari sampah plastik. 

Faktanya, saat ini bumi sedang dalam keadaan darurat sampah plastik. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip dari VOI Indonesia, sampah di Indonesia diperkirakan sekitar 64 juta ton/tahun, jumlah yang sangat besar bukan? Selain itu, seperti informasi yang dikutip dari website Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, sampah plastik memiliki berbagai dampak buruk bagi bumi seperti mencemari air dan tanah, pemanasan global, dan polusi udara, jika sampah plastik terus dibiarkan maka bumi akan semakin rusak. 

 

Berbagai pihak memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga bumi dari ancaman sampah plastik. Salah satu pihak yang memiliki peran untuk menjaga bumi dari ancaman sampah plastik adalah pelaku usaha. Pada umumnya, pelaku usaha menyediakan kantong atau kemasan plastik untuk memudahkan konsumen ketika membeli produk. 

 

Saat menyediakan kantong atau kemasan plastik, pelaku usaha harus memperhatikan kuantitas dari kantong plastik yang disediakan dan mau mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik. Saat ini, banyak pelaku usaha yang mau mengurangi penggunaan sampah plastik, salah satunya adalah Akkar Juice Bar

 

Akkar Juice Bar, salah satu kedai jus yang terletak di Yogyakarta dan merupakan salah satu anggota dari PlastikDetox sejak November 2020. Dengan bergabung menjadi anggota PlastikDetox, Akkar Juice Bar berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik. Komitmen Akkar Juice Bar Bar untuk mengurangi plastik dapat dilihat dari penggunaan kemasan produk. 

 

Akkar Juice Bar tidak menyediakan kemasan plastik sekali pakai untuk konsumen sehingga konsumen yang datang harus membawa tas belanja pakai ulang. Selain itu, untuk kemasan produk, Akkar Juice Bar menggunakan botol kaca sehingga sudah dipastikan penggunaan botol kaca tersebut dapat mengurangi penggunaan botol plastik. 

 

Hal menarik lainnya adalah terdapat program "Bottle Returning Cashback" untuk memaksimalkan penggunaan botol. Melalui "Bottle Returning Cashback",  konsumen bisa mengembalikan botol juice dari pembelian sebelumnya, dimana botol yang dikembalikan oleh konsumen akan dibersihkan sehingga botol tersebut bisa digunakan kembali dan konsumen juga akan mendapat cashback sebesar Rp3.000 untuk pembelian selanjutnya. Wah, menarik bukan? Yuk, segera ke Akkar Juice Bar, jangan lupa membawa tas belanja dan botol jus lamamu untuk mendapatkan cashbacknya. 

 

Penulis: Gusti Agung Mirah Sri Wulanningsih (Relawan PlastikDetox)

Penyunting: Dwi Jayanthi (Manajer PlastikDetox)

 

Profil penulis: Gusti Agung Mirah Sri Wulanningsih, bisa dipanggil Gunggek, Gung Mirah, atau Mirah. Mirah berasal dari Tabanan dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Bali, Jurusan Pariwisata.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News