coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Keseruan Training Relawan PlastikDetox

Posted May 18, 2022, 02:19 by Sri Junantari

Foto bersama seusai mengikuti training relawan. Sumber foto: © PlastikDetox.

 

Pada Maret 2022, aku diterima menjadi salah satu relawan PlastikDetox. Senang sekali rasanya bisa mendapatkan kesempatan emas yang akan memberikan pengalaman berharga di hidupku. Sebelum melaksanakan tugas sebagai relawan, PlastikDetox mengadakan training untuk relawan baru. 

Seluruh relawan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Bangun, Adil, dan Gembira. Aku masuk ke dalam kelompok Adil bersama empat orang relawan lainnya. Setiap relawan diminta mengerjakan tugas pra training, yaitu setiap kelompok memilih satu gambar yang akan dipresentasikan saat training. 

 

Yeayyy, hari training tiba! Pada 19 Maret 2022, aku mengikuti training relawan yang dimulai pukul 10.00 WITA. Selama training berlangsung, relawan mendapatkan berbagai materi yang sangat bermanfaat untuk bekal menjalankan tugas di PlastikDetox. Materi yang disampaikan sangat jelas dan mudah dimengerti. Aku sangat senang karena aku bisa mendapatkan ilmu baru dari training relawan PlastikDetox. Selain penyampaian materi, terdapat keseruan lainnya yang sulit untuk dilupakan. 

 

Terdapat sesi diskusi dengan setiap kelompok diberikan pertanyaan kemudian jawaban dari pertanyaan tersebut akan dipresentasikan langsung. Aku dan kelompok berdiskusi di grup mengenai pertanyaan tersebut. Setelah waktu diskusi  selesai, setiap perwakilan kelompok dipersilahkan mempresentasikan jawaban dari pertanyaan yang sudah diberikan. Untuk presentasi jawaban, kelompok Adil menunjuk Oka Saraswati sebagai perwakilan. 

 

Selain presentasi mengenai pertanyaan yang telah diberikan, masing-masing kelompok juga mempresentasikan gambar yang telah dipilih sebelumnya. Untuk presentasi gambar, aku mendapatkan kesempatan untuk mewakili kelompok Adil. Keseruan tidak berhenti sampai disana, di sesi akhir training terdapat kuis untuk menguji pemahaman relawan terhadap materi yang sudah disampaikan. 

 

Itulah keseruan training relawan PlastikDetox, keseruan tidak akan berhenti dan akan terus berlanjut selama menjadi relawan PlastikDetox. 

 

Penulis: Gusti Agung Mirah Sri Wulanningsih (Relawan PlastikDetox)

Penyunting: Dwi Jayanthi (Manajer PlastikDetox)

 

Profil penulis: Gusti Agung Mirah Sri Wulanningsih, bisa dipanggil Gunggek, Gung Mirah, atau Mirah. Mirah berasal dari Tabanan dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Bali, Jurusan Pariwisata.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News