coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

10 Tahun Perjalanan Bersama PlastikDetox

Posted July 7, 2022, 08:05 by Sri Junantari

Pada tahun 2012, gerakan bawa tas sendiri saat berbelanja masih jarang. Bahkan ketika kami mengajak orang-orang untuk membawa tas sendiri dan bisnis untuk menyediakan tas pakai ulang, mereka kaget dan berkomentar itu tidak mungkin dilakukan. Hingga akhirnya kami menemukan teman seperjalanan yang memiliki visi misi yang sejalan – anggota pertama kami yang memacu kami bahwa ini bukanlah gerakan sebatas angan. 

Setelah 5 tahun menginspirasi pelaku usaha kafe dan restoran, kami menantang diri untuk membantu mewujudkan acara Sunday Market dan festival minim sampah di Sanur. Tahun 2018, kami akhirnya berhasil mewujudkan Sunday Market yang bebas botol plastik, piring plastik, dan styrofoam. 

Sejak tahun 2020, kami melebarkan sayap untuk mendampingi pelaku usaha yang berlokasi di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, hingga Lampung. Terima kasih perkembangan teknologi, sehingga komunikasi jarak jauh bukanlah masalah yang mustahil. Jauh di mata tetapi tetap dekat lewat layar (bukan tancap). Hingga kini sudah beranggotakan 44 usaha kecil dan semoga kedepannya makin banyak usaha yang kami dampingi.

Kabar gembira untuk kita semua. Pada Mei 2022, secara legal PlastikDetox terdaftar sebagai Yayasan Kita untuk Semesta. Sebuah awal yang baru untuk perjalanan panjang ke depannya.

Pada 5 Juli 2022, PlastikDetox merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Kami memberi tajuk, “Dasawarsa Mengawal Asa” yang dikemas dalam sebuah acara PlastikDetox Festival – suatu acara pop up market yang akan merefleksikan perjalanan panjang PlastikDetox. Kami akan mengundang 10 anggota terpilih yang selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan PlastikDetox untuk membuka stand di sana. Kami merencanakan Festival akan diadakan pada Sabtu, 27 Agustus 2022. Kamu juga dapat menghadiri acara untuk melihat best practice dari anggota lain dan melihat pengelolaan acara yang kami usahakan minim sampah. Atau mau terlibat sebagai relawan? 

Menuju Hari-H Festival, kami juga menyelenggarakan berbagai kegiatan. 

Pertama kompetisi media sosial berupa kompetisi foto, Reel ataupun giveaway. Teman-teman anggota PlastikDetox dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini sebagai peserta ataupun dengan memberikan voucher sebagai  hadiah. 

Kedua, webinar dengan topik, “Selangkah Memulai Bisnis Kecil Minim Plastik yang Mampu Bersaing Di Era Digital” pada Sabtu, 30 Juli 2022. 

Ketiga, training komunikasi lingkungan untuk anggota PlastikDetox dengan format yang berbeda . Pada 28 Juni 2022, kami telah menyelenggarakan forum silaturahmi anggota, “Menjaga Asa Kita untuk Semesta”. Baca liputan acara di sini

Dapatkan informasi teraktual tentang Road to dan Puncak PlastikDetox Festival ini di media sosial PlastikDetox.

Kami ingin mengucapkan terima kasih untukmu yang telah mendukung gerakan nyata PlastikDetox, baik sebagai relawan, anggota, donatur, ataupun partner kami. Terima kasih sudah menjadi bagian dari pasang surut gerakan ini, ikut bergelora ketika sedang pasang dan tetap memberi dukungan ketika kami sedang surut. Kamu luar biasa. Kebersamaan selama 10 tahun ini sangat berarti untuk kami dan semoga 10 tahun mendatang kita masih tetap bersama-sama bahkan lebih dari itu. Sekali lagi terima kasih dan sampai jumpa di newsletter edisi selanjutnya.

 

Jadi sponsor acara PlastikDetox Festival di sini >>>

Mau memberikan voucher untuk Kompetisi Media Sosial di sini >>>


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News