coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Penggunaan Tote Bag sebagai Pengganti Kantong Plastik Saat Berbelanja

Posted July 1, 2022, 05:45 by Sri Junantari


Bawa tote bag dari rumah ketika berbelanja. Sumber foto: © Californiaglobe.com 

 

Penggunaan plastik dalam kehidupan modern ini terlihat sangat pesat. Ini menyebabkan tingkat ketergantungan manusia pada plastik semakin tinggi. Seperti halnya saat berbelanja, yang merupakan kegiatan yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. 

Di Indonesia, para pedagang biasanya menggunakan kantong plastik untuk mewadahi barang belanja konsumennya. Padahal diketahui bahwa kantong plastik akan menambah sampah plastik. 

Banyaknya masyarakat yang menggunakan kantong plastik disebabkan plastik merupakan bahan pembungkus ataupun wadah yang praktis dan kelihatan bersih, mudah didapat, tahan lama, juga murah harganya. 

Fungsi kantong plastik sebagai pembungkus barang-barang bawaan tidak sebanding dengan efek yang ditimbulkan dari sampah plastik. Kantong plastik membutuhkan waktu lama bahkan sampai ratusan hingga ribuan tahun untuk dapat terurai sempurna.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik adalah dengan cara menggunakan kantong kain tote bag pada saat belanja. Tote bag termasuk dalam kategori tas jinjing yang biasa digunakan untuk tempat membawa belanja ke pasar, supermarket, membawa buku, membawa belanjaan dan keperluan lainnya. 

Tote bag pada dasarnya merupakan tas klasik yang penggunaanya lebih nyaman untuk membawa apa saja. Kini kebanyakan orang menggunakan tas jenis ini, yang jadi pilihan tepat untuk tampil kasual bagi perempuan maupun laki-laki. 

 

Tote bag saat ini mengalami perkembangan dari semula berfungsi untuk kepraktisan, menjadi salah satu item paling digemari di industri fesyen saat ini. Tote bag juga dapat dengan mudah ditemui sebagai goodie bag untuk acara-acara seminar maupun ulang tahun.

Menurut saya, Tote Bag merupakan salah satu langkah yang sangat sederhana namun efektif dalam menekan penggunaan kantong plastik. Hal ini dikarenakan beberapa kelebihan yang diberikan dari menggunakan tote bag yaitu:

  1. Tas Multi-fungsi dan Simpel. Tote Bag bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk berbelanja, pergi ke pantai, atau berwisata. 

  2. Dapat Digunakan oleh Siapapun. Tote bag memiliki desain yang universal sehingga dapat digunakan oleh siapa pun. Jenis tas yang satu ini juga bisa digunakan oleh pria maupun wanita. 

  3. Motif Beragam. Motif dari tote bag sendiri biasanya dibuat beraneka ragam. Misalnya dengan adanya sablon karakter atau kata mutiara tertentu yang bisa mempercantik tampilan tas tersebut. 

  4. Praktis dan Mudah Merawatnya. Tote bag merupakan jenis tas yang sangat praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Tak hanya itu, cara merawatnya pun sangat mudah. Cara mencucinya pun sama seperti mencuci pakaian. 

  5. Ramah Lingkungan. Karena terbuat dari kain, maka bisa dipakai ulang. Ini mendukung program pemerintah pengurangan penggunaan kantong plastik. 

Berdasarkan kelebihan-kelebihan yang diberikan penggunaan tote bag saya yakin tren ini akan banyak diminati oleh berbagai khalayak karena fleksibilitas penggunaannya. Hal ini tentu saja secara langsung membantu usaha pengurangan limbah kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis: Diva Aura Putri Wiyanto (Relawan PlastikDetox)

Penyunting: Dwi Jayanthi (Manajer PlastikDetox)

Profil penulis: Putri merupakan mahasiswi Universitas Udayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News