coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Pengalaman bergabung dengan PlastikDetox

Posted July 7, 2022, 08:13 by Sri Junantari

Foto bareng relawan lain di acara Sunda Market. Sumber: © I Made Agus Budiyasa.

 

Hai, nama saya Budi, lengkapnya I Made Agus Budiyasa. Saya mau cerita sedikit nih tentang awal saya bisa sangat tenggelam dalam dunia kerelawanan. Semenjak semester pertama di bangku perkuliahan, saya terjun secara langsung ke dunia “Voluntarisme”. Awalnya bermula dari tugas Bahasa Inggris yang diminta untuk mengulas sebuah video berbahasa Inggris. Entah kenapa, saya mencari di youtube, dan ketemu nih satu video yang menurut saya bagus untuk dipresentasikan di depan kelas.

Dari tugas tersebut, saya pun sempat melakukan riset sedikit mengenai latar belakang komunitas yang saya presentasikan, dan ternyata mereka sedang membuka open recruitment volunteer (oprec). Nah, tanpa berpikir panjang saya langsung mendaftar dan singkat cerita bertemu dengan Kak Dwi yang saat itu menjadi salah satu senior saya di komunitas tersebut.

Skip, skip, skip, pada tahun 2017 Kak Dwi share di Grup Line tentang kesempatan volunteer di Sunday Market Sanur, kali ini dengan komunitas PlastikDetox. Di sana, PlastikDetox membantu merchants mengurangi plastik sekali pakai dan mendampingi pengunjung memilah sampah. PlastikDetox juga menyediakan peminjaman alat makan pakai ulang dengan sistem deposito bagi pengunjung untuk mengurangi sampah wadah dan alat makan sekali pakai.  

 

Tidak terasa mengalir begitu saja seperti air. Mungkin ini yang namanya takdir pertemuan. Semesta mempertemukan saya dengan orang-orang yang mempunyai visi yang sama. 

Semenjak bergabung dengan PlastikDetox, yang awalnya hanya bantu-bantu saja dan di tahun 2019 menjadi bagian volunteer resmi batch pertama,  banyak pengalaman yang saya dapatkan. Saya bertemu banyak teman-teman hebat yang sangat menginspirasi, teman seperjuangan yang terasa seperti keluarga, yang berjuang bersama-sama dalam satu gerakan  hingga akhirnya baru-baru ini secara resmi menjadi Yayasan.

 

Salah satu kutipan yang tidak pernah saya lupakan adalah dari Kak Anna, salah satu co-founder PlastikDetox: “usaha kecil untuk bumi yang lebih baik”. Salah satu usaha kecil yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa tumbler sendiri kemana-mana. Jika merasa repot saat mengisi ulang, ada salah satu program kolaborasi PlastikDetox x Refilmybottle yang bisa kamu manfaatkan loh!  Atau mau yang lebih simple, bisa dengan membawa kantong belanja sendiri jika ingin berbelanja di minimarket. Tidak berhenti sampai disitu, kamu juga bisa menggunakan ulang tas plastik yang sudah terlanjur kamu dapatkan!

 

Nah mulai sekarang tidak ada alasan lagi kan untuk menjaga bumi dengan langkah-langkah kecil yang kita lakukan dalam keseharian kita.

 

Penulis: I Made Agus Budiyasa (Relawan PlastikDetox)

Penyunting: Natalie Giusti (Cofounder PlastikDetox)

Profil penulis:

Aku adalah cahaya kepada gelap yang menjadikannya harapan. Kepada semesta yang ia jadikan rumah, adalah sebuah debu yang sedang menjadi perbincangan. 


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News