coordinator@plastikdetox.com

Empowering small businesses to prevent waste

Makna dari Bijak Menggunakan Plastik Sekali Pakai

Posted April 12, 2022, 01:59 by Sri Junantari

Mengkhawatirkan! Dampak Sampah Menumpuk di Pintu Air, Ribuan Hektar Persawahan Mengalami Kekeringan (Foto: © Radarbekasi/Ariesant)

Masalah sesungguhnya dalam limbah plastik yaitu plastik yang tidak dapat didaur ulang dan limbahnya tidak atau belum bisa ditangani sehingga menumpuk dan merusak lingkungan sekitar bahkan mengancam nyawa makhluk hidup.

Apa makna pengurangan penggunaan plastik bagimu? Bagi saya, dengan kita mengurangi penggunaannya dan bijak menggunakan plastik juga termasuk upaya kita dalam mengurangi limbah plastik. Pada zaman ini akan sangat sulit bagi kita untuk lepas secara sepenuhnya terhadap plastik, karena hampir setiap benda yang kita gunakan mengandung unsur yang berbahan plastik. Beberapa contoh barang yang mengandung unsur plastik yaitu alat sekolah, baju, bahkan gawai yang sangat kita perlukan di zaman yang serba canggih ini. Maka dari itu, yang bisa kita lakukan adalah mengurangi dan bijak dalam penggunaannya. 

Beberapa orang terkadang memiliki opini mengenai plastik seperti “Plastik diciptakan untuk mempermudah manusia, jadi kalau memang masalahnya plastik, kenapa tidak diberhentikan saja pabriknya?” Menurut saya, pabrik akan terus beroperasi jika permintaan terus meningkat. Logikanya jika permintaan pasar meningkat maka barang yang akan disediakan juga meningkat. Menurut saya, kasus seperti ini tidak akan bisa diselesaikan dengan singkat dan sendiri. Perlu gerakan dari banyak individu yang memiliki kesadaran masing masing untuk mengurangi konsumsinya terhadap barang yang menggunakan unsur plastik terutama plastik sekali pakai. Karena masalah sesungguhnya dalam limbah plastik yaitu plastik yang tidak dapat di daur ulang dan limbahnya tidak atau belum bisa ditangani sehingga menumpuk dan merusak lingkungan sekitar bahkan mengancam nyawa makhluk hidup.

Bukannya tidak mungkin bagi kita untuk tidak menggunakan plastik, namun itu membutuhkan perjuangan yang besar dan tidak instan. Perlu kesabaran, adaptasi, dan pemahaman yang mumpuni agar apa yang sedang diusahakan bisa berjalan dengan baik. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjadi pribadi yang bijak dan sadar akan lingkungan sehingga kita bisa lebih selektif dalam menggunakan barang terutama barang yang berbahan dasar plastik. 

Penulis: Ni Putu Ayu Dewi Cahyantari, S.Si. (Relawan PlastikDetox)

Penyunting: Luh De Dwi Jayanthi (Manajer PlastikDetox)

 

Profil penulis: Penulis bernama lengkap Ni Putu Ayu Dewi Cahyantari, S.Si. Kegiatan saat ini yaitu mengajar privat dan bekerja sebagai admin di salah satu supplier bahan baku minuman untuk kafe dan restoran. Menyukai pemandangan alam, makanan, dan musik.


Comments

There are no comments

 

Comments are disabled after three months

Other News